Dewan Minta Pejabat Pemkot Salatiga Klarifikasi Seleksi Dirtek PDAM

Ketua Komisi B DPRD Salatiga, M Miftah (kiri). (Dok. Website DPRD Salatiga/Lingkarjateng.id)

Ketua Komisi B DPRD Salatiga, M Miftah (kiri). (Dok. Website DPRD Salatiga/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Salatiga akan memanggil pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga terkait adanya pengisian jabatan Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Salatiga.

Ketua Komisi B DPRD Salatiga, M Miftah, mengatakan bahwa paling lambat akan melaksanakan pertemuan dengan Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Salatiga dan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian pada Senin, 30 Januari 2023 nanti.

Miftah menegaskan, ia tidak tahu menahu soal pembukaan lowongan jabatan Direktur Teknik PDAM Salatiga yang telah bergulir beberapa waktu ini. Bahkan prosesnya sudah sampai tahap akhir wawancara dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga.

“Kami Komisi B DPRD mengurusi soal BUMD Salatiga, kok, saya malah tidak tahu ini. Kami tahunya justru dari berita dan saya akan memanggil pejabat terkait dan bila perlu Pansel Jabatan Direktur Teknik PDAM Salatiga dalam waktu secepatnya,” ungkapnya, pada Kamis, 26 Januari 2023.

Ia mengungkapkan memang masalah  tersebut  ranah eksekutif. Tetapi sebagai lembaga pengawas, Komisi B DPRD Salatiga memiliki hak untuk melakukan klarifikasi sejauh mana pengisian direktur teknik di PDAM tersebut.

“Kami akan meminta alasannya pengisian jabatan direktur teknik ini, memang ada kata dibolehkan tetapi tidak terus harus dilakukan. Kami akan minta kejelasan pada Senin nanti,” jelasnya.

Kewenangan Komisi B dalam hal ini adalah memanggil Asisten Sekda Salatiga dan Kabag Perekonomian yang berkecimpung langsung dengan PDAM.

“Pokoknya harus ada kejelasan terlebih dulu,” tegasnya.

Diketahui, Panitia Seleksi (Pansel) Pengisian Jabatan Direktur Teknik PDAM Salatiga telah melakukan seleksi dan memasuki tahap uji kelayakan dan kepatutan (UKK) dan kini telah meloloskan tiga orang. Pada Sabtu, 28 Januari 2023, seleksi tersebut masuk tahapan wawancara final yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga.

“Dari empat calon yang dinyatakan lolos UKK tiga orang dan akan memasuki tahap wawancara dengan Pj Wali Kota,” beber Ketua Pansel Calon Direktur Teknik PDAM Salatiga, Pramusinta.

Ketiga peserta yang lolos ini adalah  Febby Purmadya Anugrahedi (staf di PDAM Salatiga, Ilham Sulistyana (Kabag Teknik PDAM Salatiga), dan Suryadi Adji Pamungkas yang menjabat Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Salatiga. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version