Bupati Arief Dorong Kain Ecoprint Karya Siswa di Blora Masuk Pasar Nasional

Bupati Arief Dorong Kain Ecoprint Karya Siswa di Blora Masuk Pasar Nasional

MENUNJUKKAN: Bupati Arief memperlihatkan kain ecoprint karya pelajar SMPN 1 Kunduran. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.idBupati Blora Arief Rohman memuji dan salut dengan apa yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Kunduran. Hal ini setelah guru setempat mampu membimbing siswa-siswinya untuk memproduksi dan mengembangkan kain ecoprint.

“Top ini, keren. Setahu saya, di Blora ya baru SMP Negeri 1 Kunduran yang mengembangkan keterampilan ecoprint,” ucap Bupati Arief saat menghadiri ulang tahun ke-57 SMP Negeri 1 Kunduran pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Bupati Arief mengungkapkan, beberapa hari lalu dirinya sempat bertanya ketika dapat kiriman kain ecoprint. Ternyata produk adik-adik SMP Negeri 1 Kunduran.

“Setelah jadi langsung saya pakai hari ini. Bagus lho ini, patut untuk terus dikembangkan agar bisa masuk pasar nasional,” papar Bupati Arief.

Menurut Bupati Arief yang hadir didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Aunur Rofiq, produk kain ecoprint murid-murid SMP Negeri 1 Kunduran, nantinya bisa dikembangkan bersama Dekranasda dan OPD terkait. Baik dalam pengembangan desain, pemilihan warna, hingga penjualan.

“Kreatif, inovatif. Pak Parno Kepala Sekolah ini memang selalu punya inovasi. Dulu saat menjabat Kepala SMP Negeri 1 Todanan juga berhasil membangun Sekolah Adiwiyata. Kini di SMP Negeri 1 Kunduran berhasil meluncurkan ecoprint sebagai ikon sekolah,” papar Bupati Arief.

Menurutnya, selain membekali siswa dengan ilmu akademik, SMP Negeri 1 Kunduran juga membuka peluang wirausaha untuk para siswa.

“Ini bagus sekali, kita bekali anak-anak ketrampilan lain. Mari kita bantu promosi, para alumni bisa dikabari agar bisa ikut membeli produk adik-adik kelasnya ini,” tambah Bupati Arief.

Bupati Arief berharap, agar sekolah negeri lainnya di Blora terus melakukan inovasi pembelajaran dan kompetensi keterampilan. Sehingga tidak kalah dengan sekolah swasta.

Ecoprint merupakan sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik.

Prinsip pembuatannya adalah, melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tumbuhan lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain. Sehingga menghasilkan kain bermotif alam yang bagus untuk pakaian. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version