Buka Luwur, Acara Puncak Haul Nyai Ageng Ngerang Akan Digelar Besok

Buka Luwur, Acara Puncak Haul Nyai Ageng Ngerang Akan Digelar Besok

PROSESI: Buka luwur makam Nyai Ageng Ngerang beberapa tahun lalu sebelum pandemi Covid-19. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Peringatan haul Nyai Ageng Ngerang diadakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 23 Juli, 28 Juli, 29 Juli, dan 30 Juli 2022.

Kegiatan haul Nyai Ageng Ngerang dimaksudkan untuk mengingatkan terhadap para leluhur yang telah berjuang dalam syiar agama dan berjasa kepada warga. Khususnya warga Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati.

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu dalam acara Haul Nyai Ageng Ngerang adalah buka Luwur. Berdasarkan informasi yang dihimpun, buka luwur akan pada Sabtu, 30 Juli 2022. Acara buka Luwur akan dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB di Makam Nyai Ageng Ngerang.

Sedangkan lelang luwur akan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB, sementara pukul 08.30 WIB akan ada kegiatan kenduri umum. Kedua kegiatan ini juga akan dilaksanakan di Makam Nyai Ageng Ngerang. Selain itu, pada pukul 13.00 WIB dan pukul 20.00 WIB akan digelar kesenian Kethoprak.

Terkait dengan luwur (kain kafan), setiap tanggal 1 Muharram sering diganti dengan yang baru dan luwur yang lama dilelang. Pemasukan dari lelang luwur tersebut digunakan untuk penyempurnaan makam Nyai Ageng Ngerang.

Banyak orang yang mengatakan bahwa berkah dan manfaat dari luwur makam Nyai Ageng Ngerang sangat banyak sekali dan luar biasa. Oleh sebab itu, banyak orang yang antusias dan mencari luwur makam Nyai Ageng Ngerang untuk dijadikan wasilah (lantaran) untuk meminta kepada Allah SWT.

Sebagai informasi tambahan, dalam peringatan haul Nyai Ageng Ngerang juga akan dilakukan Kirab Luwur pada Jumat, 29 Juli 2022 pukul 13.00 WIB nanti yang dimulai dari Balai Desa Tambakromo hingga ke Makam Nyai Ageng Ngerang. Sedangkan pukul 18.00 WIB nanti, akan digelar Tahtiman Al-Qur’an Binnadhor di makam Nyai Ageng Ngerang. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)