Bawaslu Demak Bekali Panwascam Antisipasi Terjadi Pelanggaran Pemilu

Bawaslu-Demak-Bekali-Panwascam-Antisipasi-Terjadi-Pelanggaran-Pemilu

BERJALAN LANCAR: Bawaslu Demak menggelar fasilitasi pengawasan tahapan penyelenggaraan Pemilu. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

DEMAK, Lingkarjateng.id Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Demak menggelar kegiatan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan tahapan Pemilu. Kegiatan tersebut diadakan di Reinz Cafe and Resto Demak, belum lama ini.

Kegiatan yang mengangkat tema Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran itu diikuti 42 Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Demak.

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut di antaranya Akademisi Undip Semarang, Sri Wahyu Ananingsih dan Kasat Reskrim Polres Demak, AKP Winardi.

Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut digelar untuk mempersiapkan diri dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang, yang terkait dengan penanganan pelanggaran Pemilu.

“Kami beserta seluruh jajaran siap dalam pencegahan dan penanganan dugaan pelanggaran pemilu,” kata Khoirul Saleh.

Ia mengatakan bahwa, ada kabar Pemilu Presiden dan Wakil Presiden nanti bakal berjalan sengit. Pasalnya, dalam kesempatan tersebut tidak ada calon petahana. Sehingga, tambahnya, berpotensi maraknya dugaan pelanggaran Pemilu.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan yang digelar tersebut untuk memberi bekal kepada Panwaslu Kecamatan (Panwascam).

“Kegiatan ini merupakan bekal untuk panwaslu kecamatan dalam bertugas pada tahapan-tahapan Pemilu,” ujarnya. 

Lebih lanjut ia berharap, para petugas Panwascam segera menindaklanjuti setiap adanya laporan dugaan pelanggaran Pemilu dari masyarakat.

“Saya berharap seluruh anggota Panwaslu kecamatan untuk dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi serta kapabilitas internal,” pungkasnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version