Antusias, Puluhan SD Meriahkan FLS2N Kecamatan Jekulo Kudus

Peserta FLS2N SD Tingkat Kecamatan Jekulo sedang berlomba dalam kategori gambar bercerita di SD 1 Jekulo Rabu 29 juni 2022

SEMANGAT: Peserta FLS2N-SD Tingkat Kecamatan Jekulo sedang berlomba dalam kategori gambar bercerita di SD 1 Jekulo, Rabu (29/6).

KUDUS, Lingkarjateng.id – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD tingkat Nasional kembali digelar tahun 2022 ini. Pasalnya, kegiatan ini sempat terhenti selama dua tahun akibat adanya pandemi.

FLS2N tingkat kecamatan pun sudah diadakan di Kecamatan Jekulo. Puluhan sekolah di Kecamatan Jekulo pun mengaku antusias dengan adanya kegiatan tahunan tersebut.

“Saya sangat bersyukur karena kegiatan ini sangat ditunggu oleh semua satuan pendidikan yang ada di Kecamatan Jekulo, mereka pun sangat antusias,” kata Ketua Panitia FLS2N-SD Kecamatan Jekulo sekaligus Kepala Sekolah SD 1 Jekulo, Zaenal Arifin.

Ia mengatakan, kegiatan FLS2N di Kecamatan Jekulo ini merupakan gelaran pertama pada tahun 2022 di Kabupaten Kudus. Acara ini diadakan selama satu hari bertempat di SD 1 Jekulo pada tanggal 29 Juni 2022.

“Dari sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus, Kecamatan Jekulo ini yang pertama kali mengadakan kembali FLS2N tahun ini,” ucapnya.

Zaenal memaparkan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan wadah berkreasi menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik dalam pengembangan diri. Kemudian, acara ini juga sebagai wadah mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik berbasis budaya bangsa.

“Acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan daya kreatifitas dan motivasi peserta didik agar bisa mengekspresikan diri sesuai dengan minat bakat dan kemampuannya,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Selanjutnya, kegiatan ini juga diadakan untuk menumbuhkembangkan sikap kemandiriran serta sportivitas serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

Ada lima cabang kegiatan yang dilombakan. Diantaranya yaitu Seni Tari yang diikuti 27 sekolah, Solo Song diikuti 44 sekolah, Pantomim diikuti 28 sekolah, Gambar Bercerita diikuti 47 sekolah dan Kriya Anak diikuti 29 sekolah.

Antusias, Puluhan SD Meriahkan FLS2N Kecamatan Jekulo Kudus 2

“Banyaknya peserta yang hadir ini menunjukkan bahwa sekolah sudah menanti-nanti dan antusias mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.

Setiap cabang lomba akan diambil tiga juara. Para juara nantinya akan mewakili Kecamatan Jekulo untuk maju dalam FLS2N tingkat Kabupaten Kudus.

“Para juara akan berjuang di babak berikutnya yaitu mewakili ke tingkat kabupaten,” sebutnya.

Pihaknya pun berharap, kegiatan ini bisa memunculkan duta-duta dari Kecamatan Jekulo. Sehingga, lanjutnya, nilai-nilai kebudayaan bisa terus dilestarikan.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan FLS2N ini dapat memunculkan duta-duta seni dari Kecamatan Jekulo,” pungkasnya. ( NISA HAFIZHOTUS SYARIFA – Lingkarjateng.id )

Exit mobile version