Antusias, 300 Warga Pati Ikuti Kegiatan Donor Darah

DONOR DARAH: Suasana kegiatan donor darah di kantor Badan Kesbangpol Pati pada Sabtu, 10 September 2022. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

DONOR DARAH: Suasana kegiatan donor darah di kantor Badan Kesbangpol Pati pada Sabtu, 10 September 2022. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pati menggelar aksi kemanusiaan donor darah di aula kantor Kesbangpol Pati pada Sabtu, 10 September 2022.

Kepala Kesbangpol Pati, Sugiyono mengatakan, kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama dengan berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan rutin tiap tiga bulan sekali ini.

Alhamdulillah hari ini badan Kesbangpol bekerjasama dengan Ormas (Organisasi Masyarakat), partai politik, dan teman-teman LSM juga dunia usaha Bank Jateng, KSH, Dua Kelinci, Garuda, dan banyak lagi yang bekerjasama terutama relawan badan Kesbangpol untuk melaksanakn donor darah ini,” ucap Sugiyono.

Dirinya memperkirakan sebanyak 300-an warga Pati hadir menyumbangkan darahnya. Antusiasme masyarakat ini salah satunya didorong adanya ratusan doorprize yang disediakan oleh panitia maupun pihak-pihak yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Menurutnya rasa kepedulian dan kemanusiaan adalah tujuan utama dari Badan Kesbangpol melaksanakan donor darah ini. Pihaknya berharap warga Pati ke depan dapat terbiasa untuk mengikuti donor darah dan kegiatan sosial yang lainnya.

“Banyak ratusan doorprize, hadiah utamanya dua unit sepeda gunung. Ada mesin cuci dan lain-lain yang diundi dengan transparan dengan model by name. Tujuan kami, ya, memotivasi agar warga Pati punya budaya untuk rela donor darah demi kemanusiaan, mengamalkan Pancasila, dan menumbuhkan rasa bela negara,” tambahnya.

Dengan antusiasme masyarakat ini, sebanyak 200 lebih kantong darah dapat disumbangkan oleh Badan Kesbangpol pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Pati. Jumlah tersebut melebihi target yang sebelumnya ditetapkan oleh panitia.

“Sekitar 300 orang, terlampaui dengan 200 sekian target kita sumbangkan ke PMI. Mereka animonya luar biasa, kita berniat untuk kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Kegiatan yang mulia insyaAllah, nanti perkembangannya masyarakat Pati punya budaya lewat donor darah dan kegiatan sosial yang lain. Ini perlu kita tumbuhkan dan menumbuhkan rasa bela negara,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati, Haryanto mengapresiasi Kesbangpol atas kegiatan donor darah tersebut. Melalui kegiatan kemanusiaan ini, sangat membantu PMI Pati dalam menyediakan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Saya atas prakarsa dari Pak Kepala Kesbangpol mengadakan donor rutin tiga bulanan sekali. Saya selaku Ketua PMI malah mengucapkan terima kasih karena bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan darah untuk masyarakat yang membutuhkan. Kemudian juga mempermudah kepada para pendonor rutinan,” kata Haryanto, mantan Bupati Pati.

Kegiatan kemanusiaan donor darah ini, lanjutnya, selain dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Kesbangpol juga sering dilakukan oleh pihak sekolah dan perusahaan. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutinan juga bagi masyarakat secara luas.

“Karena kita setiap hari pasti ada kegiatan untuk mengambil donor darah. ‘Kan sudah terjadwal, ada di perusahaan, sekolah, ormas. Kami cukup memberikan apresiasi kepada Kesbangpol karena iktikad baik. Ini adalah ketulusan, yang namanya donor ‘kan rasa ketulusan. Ada yang rutin, atau pertama kali. Nanti berikutnya pasti kepengin terus. Semoga donor darah ini karena untuk kemanusiaan, diminta tidak diminta itu tetap jalan, karena sudah  ada jadwal tertentu dan rutinitas kepada para pendonor,” tutupnya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Pati, beberapa waktu lalu PMI Pati juga turut membantu korban kebakaran di Kecamatan Kayen dan memantau pelaksanaan donor darah di Puskesmas Kecamatan Cluwak. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version