Angkat Desa Wisata Asap Indah, Demak Raih Juara I API Awards 2022

Angkat-Desa-Wisata-Asap-Indah,-Demak-Raih-Juara-I-API-Awards-2022

SIMBOLIS: Bupati Demak Eisti'anah saat menerima penghargaan dalam ajang API Awards 2022 di Aceh. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

DEMAK, Lingkarjateng.id Kabupaten Demak kembali meraih prestasi pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022. Asap Indah Wonosari berhasil menyabet juara 1 pada kategori Destinasi Wisata Belanja Terbaik.

Prestasi tersebut diumumkan pada malam puncak API Award 2022 di AAC Dayan Dawod USK Banda Aceh pada Jumat, 25 November 2022. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Demak Eisti’anah.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Demak melalui Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo mengatakan, API Awards 2022 merupakan tahun ke-7 sejak dimulai pada tahun 2016. Tahun 2022 merupakan tahun ketiga Kabupaten Demak dalam mengikuti ajang API awards.

“Yang pertama di 2020 yang kita ikutkan itu Pantai Istambul sebagai destinasi wisata baru, tetapi kurang beruntung belum dapat juara. Tahun 2021 kita ikut dua kategori, yang pertama wisata belanja kita ajukan rebana dan yang kedua minuman tradisional yaitu Jamu Coro. Jamu Coro dapat juara dua dan wisata belanja rebana itu juara tiga. Tahun ini kita ikut satu kategori wisata belanja Asap Indah Wonosari. Dari pengalaman pada tahun pertama dan kedua maka kita berupaya untuk juara satu, dan Alhamdulillah dapat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, prestasi tersebut tidak terlepas dari peran seluruh masyarakat Kabupaten Demak yang telah mendukung dan mengantarkan Asap Indah Wonosari menjadi terbaik pertama tingkat nasional.

“Prestasi ini diraih berdasarkan hasil vote di media sosial API Award 2022, dan melalui SMS. Tentunya saya berterima kasih sekali kepada masyarakat Demak yang sudah mendukung kita,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Eisti’anah mengaku bangga atas raihan Kabupaten Demak pada ajang API Awards 2022 di Aceh.

Alhamdulillah ini sangat membanggakan, karena di ajang nasional Kabupaten Demak berhasil mendapat juara satu. Untuk tahun yang akan datang kita akan ikuti dua kategori. Kita akan ajukan destinasi wisata baru, yaitu Demak Green Garden yang ada di Rowo Mijen dan Blangkon,” katanya.

Ia pun berharap, adanya prestasi tersebut pariwisata di Kabupaten Demak bisa lebih dikenal oleh kalangan masyarakat, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Nah, ini kan ajang nasional, dengan kemenangan ini orang akan tahu kalau di Demak ada wisata belanja Asap Indah Wonosari. Nah, mereka kalau datang ke Demak diharapkan bisa berkunjung dan berbelanja di situ,” harapnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version