Anggota Komisi V DPR RI Sosialisasi 4 Pilar MPR di Salatiga

Anggota-Komisi-V-DPR-RI-Sosialisasi-4-Pilar-MPR-di-Salatiga

SOSIALISASI: Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama saat mensosialisasikan empat pilar MPR RI di Kecamatan Tingkir, Salatiga. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang bertempat di Aula Kecamatan Tingkir Kota Salatiga pada Senin, 14 November 2022.

Empat pilar MPR RI ini meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Vino, sapaan akrabnya, mengatakan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara harus dijadikan pedoman bersama. Artinya, dalam kehidupan sehari-hari, setiap warga negara harus saling menghormati, dan menghargai sesama, dan yang paling penting, Pancasila sebagai ideologi negara, nilai-nilainya jangan sampai musnah.

“Jadilah masyarakat yang bertanggung jawab, jangan sampai terpecah belah, dan dalam menyelesaikan masalah, utamakan musyawarah untuk mencapai mufakat,” tegasnya.

Bangsa Indonesia ini, kata dia, lahir dari berbagai suku, agama, dan adat istiadat. Keberagaman merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang harus dijaga sebagai sebuah kekuatan bangsa, bukan sebaliknya.

“Bapak dan ibu, penting bagi kita untuk mengamalkan nilai-nilai dari empat pilar MPR dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ingatlah jati diri bangsa kita, yakni gotong-royong,” ujarnya.

Vino pun mengajak kepada semua masyarakat untuk terus menanamkan nilai-nilai empat pilar MPR dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, untuk para generasi muda sebagai penerus bangsa, diminta untuk tetap semangat dalam belajar agar dapat menjaga keutuhan negara Republik Indonesia.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Salatiga, Dance Ishak Palit menegaskan, empat pilar MPR ini harus ada dalam jiwa masyarakat Indonesia, guna mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

“Nilai-nilai Pancasila harus kita amalkan,” jelasnya.

Sosialisasi empat pilar MPR RI di Tingkir Salatiga ini pun ditutup dengan pemberian doorprize kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan seputar empat pilar MPR RI. (Lingkar Network | Koran Lingkar)