Anggota DPR RI Riyanta Ajak Warga Pati Terapkan Nilai Luhur Pancasila

Anggota DPR RI Riyanta Ajak Warga Pati Terapkan Nilai Luhur Pancasila

MEMAPARKAN: Anggota DPR RI, Riyanta saat memaparkan materi Sosialisasi Pancasila. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Anggota komisi II DPR RI Riyanta menggelar sosialisasi Pancasila dengan tema Gotong Royong Membumikan Pancasila. Sosialisasi tersebut digelar di Gedung Serba Guna (GSG) PGRI Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir pula kepala desa dari seluruh Kecamatan Sukolilo, Polres Pati, anggota DPRD Pati Dimas Thole, dan ratusan warga Kecamatan Sukolilo.

Anggota DPR RI Riyanta memaparkan, pentingnya memahami nilai-nilai Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat seperti menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah.

“Ketika terjadi konflik sosial harapannya (tidak hanya) bisa diselesaikan melalui hukum. Tapi juga diselesaikan dengan musyawarah,” ucap Riyanta.

Riyanta mengatakan, permasalahan yang bisa diselesaikan secara musyawarah salah satunya adalah kasus sengketa tanah. Selain itu ke depan, tambahnya, permasalahan kecelakaan yang sering kali disalahgunakan oleh beberapa oknum akan dibenahi agar bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Bukan tanpa sebab, usulan ini digaungkan oleh anggota DPR RI Riyanta mengingat, beberapa waktu lalu ketika ada kecelakaan yang menimpa warga Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, ia mendapati adanya oknum yang meminta uang untuk menyelesaikan kasus kecelakaan tersebut.

“Termasuk persoalan kecelakaan lalu lintas, nanti bisa diselesaikan dengan musyawarah. Ini yang perlu dibudayakan. Berkaitan dengan konflik atau sengketa tanah, dari komisi II pun juga ingin mendorong menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah,” ujarnya.

Dengan adanya Sosialisasi Pancasila ini, Riyanta berharap masyarakat bisa sadar akan politik dan ketika ada suatu permasalahan, masyarakat dapat menyikapi dengan asas kekeluargaan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version