Ajak Muslim Peduli Sesama, Yayasan Baktiara Pati Distribusikan Zakat Mal

PATI, Lingkarjateng.id – Jelang hari raya idulfitri 1444 Hijriah, Yayasan Bakti Ananta Rudira atau Yayasan Baktiara mendistribusikan zakat mal kepada 190 penerima di Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati pada Minggu, 16 April 2023. Penerima zakat mal ini diperuntukkan kepada warga yang sakit, ustaz, pengurus masjid, marbot serta guru TPQ dan madrasah diniyah.

Yayasan Baktiara yang terbentuk pada 2021 lalu ini telah melaksanakan pendistribusian zakat mal dua kali, yakni pada tahun 2022 dan 2023. Distribusi zakat mal ini dimaksudkan untuk memberikan stimulus dan  mengajak masyarakat muslim sekitar agar mau membayar zakat. Selain itu, aksi ini juga sebagai wujud kepedulian Yayasan Baktiara terhadap masyarakat yang sakit serta kurang mampu.

Ketua Yayasan Baktiara, Nawito, mengatakan bahwa zakat mal ini diberikan kepada 190 penerima dengan rincian 6 penerima sebesar Rp 1 juta untuk warga yang sakit, 14 pengurus masjid dan marbot senilai Rp 400 ribu. Kemudian, 14 guru TPQ dan madrasah diniyah senilai Rp 400 ribu dan kepada 153 warga kurang mampu sebesar Rp 400 ribu.  

“Kami ingin kegiatan semacam ini akan menjadi satu ajakan, mengajak ke sekeliling bahwa kita sebagai muslim untuk menunaikan zakat mal Ketika sudah sampai satu nisab. Kedua, kita ingin bahwa saudara kita yang kebetulan kurang mampu, atau sakit, di momen bulan Ramadan ini mereka bisa mendapatkan haknya,” jelasnya.

Dalam hal ini Nawito juga turut mengapresiasi terjadap guru TPQ dan madrasah diniyah yang telah menjadi madrasah kedua setelah orang tua, sebelum duduk di bangku sekolahan.

Jasa para guru inilah yang dianggap mampu membantu mensyiarkan agama islam sejak dini kepada anak-anak di zaman sekarang.

Pada momen jelang lebaran ini diharapkan dengan adanya pendistribusian zakat mal dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari hari warga masyarakat. (Lingkar Network | Mutia Parasti – Lingkar TV)

Exit mobile version