Bawaslu Rembang Luncurkan Buku Sejarah Pengawas Pemilu

Abadikan Memori, Bawaslu Rembang Luncurkan Buku Sejarah Pengawas Pemilu

MENUNJUKKAN: Jajaran Bawaslu Rembang dan sejumlah mantan Ketua Panwaslu memegang Buku Pengawas Pemilu dari Masa ke Masa, Sejarah Pengawas Pemilu Kabupaten Rembang tahun 2004–2023. (R. Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rembang membuat buku berjudul Pengawas Pemilu dari Masa ke Masa, Sejarah Pengawas Pemilu Kabupaten Rembang tahun 2004–2023.

Ketua Bawaslu Rembang, Totok Suparyanto mengatakan, buku tersebut berisi 13 Bab. Sedangkan jumlah penulis buku tersebut ada 5 orang yaitu para Komisioner Bawaslu.

“Sang editor adalah Amin Fauzi, karena beliau terbiasa di dunia jurnalistik. Sedangkan untuk keselarasan bahasa, teman-teman staf Bawaslu,” tuturnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Rembang, Amin Fauzi menceritakan bahwa, pembuatan buku mulai dikerjakan pada awal tahun 2022, dilakukan diskusi sampai membuka kembali arsip-arsip lama.

“Dimulai dari perencanaan, diskusi, riset, buka-buka arsip, dan melakukan wawancara,” ungkapnya.

Ketika disinggung kendala yang dihadapi, Amin menyebutkan terkait mencari narasumber mantan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk dilakukan wawancara. Ia menjelaskan bahwa, tak semua berjalan mulus atau bisa dikatakan ada yang sulit untuk ditemui.

“Dinamikanya macam-macam, ada yang susah ditemui,” ungkapnya.

Meski demikian, ia mengaku bersyukur karena penggarapan isi buku telah selesai pada bulan Mei dan dilanjutkan pencetakan buku yang selesai pada bulan Juli.

Ia berharap, buku yang berisi tentang konteks penyelenggaraan Pemilu sampai peristiwa menarik pengawasan Pemilu dapat memberikan tambahan referensi di bidang Pemilu. (Lingkar Network | R. Teguh Wibowo – Koran Lingkar)

Exit mobile version