50.681 KPM Terima BLT Minyak Goreng di Kudus

50.681 KPM Terima BLT Minyak Goreng di Kudus

MENYALURKAN: Petugas kantor pos saat menyalurkan BLT minyak goreng dan BST di Desa Jurang, Kecamatan Gebog, beberapa waktu lalu. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Kantor Pos Kudus mencatat sebanyak 50.681 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi minyak goreng. KPM yang menerima bantuan tersebut merupakan warga yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

“Penyaluran BLT minyak goreng itu sudah tersalurkan sekitar 97,7 persen dari total sasaran sebanyak 51.847 KPM,” kata Kepala Kantor Pos Kudus, Nola Wahyuni melalui Satgas Penyaluran Bansos Sembako, Ryzanto Adi Kurniawan.

Setiap KPM akan menerima BLT Minyak Goreng senilai Rp 300 ribu untuk bulan April, bulan Mei, dan bulan Juni. Serta mendapatkan Bantuan Sembako Tunai (BST) senilai Rp 200 ribu untuk bulan Mei.

249 Warga Desa Jurang Kudus Diusulkan Dapat BLT Dana Desa

“Setiap KPM menerima bansos senilai Rp 500 ribu,” ucapnya.

Penyaluran bantuan sosial (Bansos) itu sendiri sudah mulai dilakukan sejak tanggal 14 April 2022. Dijadwalkan, penyaluran bansos akan selesai pada tanggal 28 April 2022 nanti.

“Jadi kami menyalurkan bansos ke desa-desa sesuai jadwal yang sudah ditentukan, yaitu mulai tanggal 14 April hingga 21 April 2022,” ucapnya.

Kemudian, pada tanggal 22 April sampai 28 April 2022 pihaknya akan mulai menyalurkan bansos di Kantor Pos Kudus. Penyaluran di Kantor Pos sendiri diperuntukkan bagi warga yang belum bisa mengambil bantuan saat jadwal penyaluran di desa.

“Jadi warga yang belum bisa mengambil saat jadwal di desa itu bisa mengambil langsung ke Kantor Pos Kudus,” sebutnya.

Penyaluran BLT Kudus Ditargetkan Selesai Pertengahan Desember

Selain itu, Kantor Pos Kudus juga menyalurkan bansos melalui pengantaran ke rumah penerima. Pengantaran ini dilakukan untuk memfasilitasi KPM yang sakit, lumpuh atau manula, sehingga tidak bisa mengambil bansos ke tempat layanan Kantor Pos.

“Target kami sebelum Hari Raya Idul Fitri semua bansos sudah disalurkan. Karena kan harapannya bansos itu bisa digunakan untuk membantu masyarakat menjelang lebaran,” terangnya.

Ia menambahkan, pengambilan bansos ini diharapkan bisa dilakukan langsung oleh penerima. Jika terpaksa diwakilkan, harus melalui keluarga yang berada dalam satu Kartu Keluarga (KK)

“Karena harapan kami bansos ini bisa tersalurkan secara tepat sasaran,” pungkasnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Koran Lingkar)

Exit mobile version