Total Sampah Harian di Pati Capai 80 Ton

buang sampah

MEMBERSIHKAN : Petugas kebersihan Kabupaten Pati mengumpulkan sampah di salah satu tempat pembuangan sampah di Kota Pati. (Aziz Afifi/ Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Produksi sampah di Kabupaten Pati dapat dikategorikan cukup tinggi. Dalam per harinya sendiri Kabupaten Pati dapat menyumbang hingga bekisar 80 ton.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo, belum lama ini. Ia mengatakan besaran angka yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Pati menyentuh angka 70-80 ton per harinya.

“Yang sampai ke penanganan sampai ke TPA detailnya ada di DPU. Tapi kisarannya ada 80 ton atau fluktuatif, antara 80-70 sekitar itu per hari,” ungkapnya.

Tulus Budiharjo tidak menyebutkan secara detail sampah yang ada berasal dari limbah rumah tangga atau hanya limbah dari usaha kecil. Namun, dirinya hanya menyebutkan secara global sampah di Pati berkisar pada angka tersebut.

Produksi sampah, bagi Tulus Budiharjo tidak hanya dikelola di TPA semata. Melainkan jumlah sampah di Pati juga dihitung dari sampah yang masuk ke Bank sampah.

Jika berdasarkan sampah yang masuk ke Bank Sampah di Pati, lanjut Tulus, merupakan sampah yang dapat di daur ular. Dari data yang ia sebutkan sampah yang masuk ke Bank Sampah juga tergolong cukup tinggi. “Nah untuk yang di Bank Sampah Induk kita cukup tinggi juga. Setiap bulan paling tidak ada, 2-3 ton per bulan,” tutupnya. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)