Terinspirasi Gajah Purba, Yuli Astuti Ciptakan Motif Batik Kudus Kontemporer

YULI ASTUTI

UNIK: Pemilik Muria Batik Kudus Yuli Astuti sedang menunjukkan motif batik berbentuk gading gajah. (Nisa Hafizhotus Syarifa / Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Ada sebuah motif batik yang unik dari Kabupaten Kudus. Motif ini berbentuk gading gajah purbakala Patiayam. Mengangkat tema batik kontemporer, bentuk gading gajah disusun apik dalam sebuah kain batik. 

Kain batik ini bisa ditemui pada galeri Muria Batik yang berada di Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Pemilik Muria Batik Kudus Yuli Astuti mengatakan, motif batik yang dibuatnya tersebut memang sengaja terinspirasi gajah purba dari situs Patiayam. 

“Saya memang sengaja ambil motif gading gajah purba. Karena di kawasan situs Purbakala Patiayam Kudus yang jadi ikon karena banyak ditemukan itu Stegodon (gajah purba, red),” kata dia. 

Ia menuturkan, motif tersebut sudah mulai diproduksi sekitar satu tahun lalu. Motif gading gajah itu awalnya dibuat karena permintaan warga setempat yang ingin memiliki motif batik dengan tema kearifan lokal. 

Selain itu, motif ini dibuat lantaran dirinya ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa Kudus memiliki situs purbakala Museum Patiayam. Bahkan, museum tersebut menyimpan ribuan fragmen purbakala yang sangat bersejarah. 

Pameran Cerita Nyah Lasem menjadi Ruang Temu Para Seniman

“Warga Kudus sendiri juga kadang masih ada yang belum tahu adanya situs purbakala yang bersejarah itu. Jadi alasan kami membuat batik Kudus ini salah satunya agar generasi muda bisa tahu adanya sejarah tersebut. Sehingga, nantinya mereka juga bisa turut melestarikan peninggalan bersejarah itu,” ungkapnya. 

Menurut Yuli, batik motif gading gajah purba itu telah diminati banyak orang sejak diproduksi. Bahkan ada warga dari luar daerah yang datang ke Patiayam usai membeli batik tersebut.

“Sekitar seratus potong kain batik motif gading gajah purba sudah terjual. Saat ada pembeli yang saya ceritakan mengenai motif tersebut, langsung ada yang tertarik untuk datang ke situs purbakala Patiayam,” bebernya. 

Harga kain batik motif gading gajah ini terbilang cukup terjangkau. Yuli membanderol harganya mulai Rp 150 ribu sampai Rp 400 ribu untuk kain batik berukuran 2,15 meter x 1,15 meter. “Harganya tergantung tingkat kesulitan proses batiknya,” ujar Yuli. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)