Dewan Minta Rusunawa Kendal Segera Dihuni

rusunawa kendal

SIDAK: Komisi C DPRD Kabupaten Kendal melakukan sidak ke Rusunawa Kebondalem Kendal, Senin (17/1). (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Anggota dewan meminta Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang selesai dibangun untuk segera dihuni. Rusunawa keempat yang berlokasi di Kelurahan Kebondalem tersebut diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), guna membantu memenuhi kebutuhan tempat tinggal warga golongan menengah ke bawah.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kendal, Muhammad Zaenudin saat melakukan Sidak ke kompleks Rusunawa Kebondalem Senin (17/1) mengatakan, secara umum kualitas bangunan relatif baik, tinggal beberapa finishing. Akan tetapi, pihaknya menyayangkan beberapa kamar mandi sudah terlihat jorok seakan pernah digunakan, padahal proses pembangunan masih tahap penyelesaian. 

Vaksinasi Booster di Kabupaten Kendal Sepi Peminat

Karena pembangunan dalam tahap penyelesaian, Zaenudin meminta agar segera ditempati. Pihaknya akan meminta kepada Bupati Kendal untuk membuat regulasi dalam bentuk Peraturan Bupati atau petunjuk teknis terkait pemanfaatannya rusunawa. 

“Kami akan meminta kepada bupati untuk segera membuat regulasi agar bangunan tiga lantai ini bisa segera ditempati,” ujar Zaenudin. 

Zaenudin juga meminta agar Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kendal selektif dalam memilih MBR agar tepat sasaran. “Jika regulasi sudah dibuat, kami minta Disperkim agar selektif. Jadi yang tinggal di sini memang benar-benar membutuhkan tempat tinggal,” lanjutnya.

Kepala Disperkim Kendal, Noor Fauzi menjelaskan, jika rusunawa mempunyai kapasitas 44 unit tipe 36. Peruntukannya menurut Fauzi, masyarakat berpenghasilan rendah dan diharapkan tahun 2022 bisa ditempati. “Kami berharap tahun ini rusunawa sudah bisa ditempati dan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Fauzi. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version