Bupati Jepara Ajak Lestarikan Penyu di Karimunjawa

Bupati Jepara Ajak Lestarikan Penyu

SEMANGAT: Bupati Jepara, Dian Kristiandi bersama siswa PAUD memberikan semangat kepada para tukik untuk menuju ke laut. (Dok. Diskominfo Jepara/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Dian Kristiandi selaku Bupati Jepara bersama siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melepaskan ratusan tukik (anak penyu) di Pantai Cemara, Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa pada Sabtu (12/3). Kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah setempat.

“Selain untuk menjaga kelestarian penyu, kegiatan pelepasan tukik juga dinilai dapat menciptakan ekosistem laut yang lebih sehat dan membantu menjaga keseimbangan lingkungan di pesisir pantai maupun laut,” tuturnya. 

Ia menjelaskan, enam dari tujuh spesies penyu yang tersisa di dunia berada di Indonesia. Diantaranya yaitu penyu belimbing, penyu hijau, penyu tempayan, penyu pipih, penyu sisik, dan penyu lekang atau penyu abu-abu. 

Bupati Jepara Kuatkan Karakter dan Wawasan Kebangsaan Siswa

“Dari enam jenis penyu yang ada di Indonesia, dua diantaranya ada di Karimunjawa yaitu penyu sisik dan penyu hijau,” jelasnya.

Ia menjelaskan, melalui program Penetasan Semi Alami yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa sejak tahun 2003, setidaknya mampu menyelamatkan jumlah populasi dari kepunahan, serta menghindarkan ancaman dari predator alami maupun manusia. 

“Secara keseluruhan jumlah populasi penyu di Karimunjawa antara 200 hingga 500 ekor. Dan diharapkan setelah mereka dewasa nanti akan kembali ke Karimunjawa untuk bertelur,” harapnya.

Bupati Jepara Ajak ASN Merawat Kebhinekaan

Oleh karena itu, Bupati Jepara mengungkapkan bahwa perlu ditanamkan rasa cinta terhadap lingkungan, termasuk untuk menjaga ekosistem hewan yang dilindungi sejak usia dini.

“Untuk itu kami mengajak anak-anak ini melepaskan tukik ke alam liar sebagai edukasi pendidikan mereka dalam menjaga ekosistem alam,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, setidaknya ada sekitar 200-an tukik jenis penyu sisik yang dilepaskan di Pantai Cemara. Sebelumnya, Bupati Jepara juga melakukan kegiatan yang sama di Pulau Parang, Karimunjawa. (Lingkar Network | Koran Lingkar)