Bekas Tambang Galian, Telaga Harun Somosari Jepara Jadi Wisata

boks 3

MENYEJUKKAN: Pemandangan Telaga harun di dukuh Segoro Lebu Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Desa Somosari Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara menjadi tempat wisata alternatif baru masyarakat Jepara, dimana menyuguhkan keindahan pemandangan pegunungan, air terjun dan lainya. Salah satu wisata yang sedang populer adalah Telaga Harun di Dukuh Segoro Lebu.

Wisata ini didirikan dan dikelola oleh Tarom (47), warga setempat. Ia mendirikan tempat tersebut karena potensi alam yang bagus dan alami sehingga dapat menarik orang untuk berkunjung.

“Somosari alamnya masih bagus dan alami dan masih banyak potensi tempat wisata yang bisa dikembangkan,” katanya. 

Wisata Kudus Tetap Buka, Kapasitas Pengunjung Dibatasi 25 Persen

Dia menceritakan, Telaga Harun dulunya sempat dijadikan tambang galian C. Setelah penambangan tidak beroperasi lagi, ia mempunyai ide untuk menjadikan kolam ikan. Berawal dari situ banyak warga yang datang untuk sekedar berfoto di pinggir kolamnya. 

“Awalnya kolam ikan yang pinggirnya ditanami bunga, terus banyak warga setempat yang datang untuk sekedar foto-foto,” imbuhnya. 

Kemudian, ia bersama warga setempat mempercantik tempat tersebut. Ia membangun sarana dan prasarana di area tersebut agar lebih menarik para pengunjung. 

Libur Nataru, 97 Persen Wisata di Jawa Tengah Buka

“Kita tambahkan kolam renang, gazebo, serta warung yang saya kelola bersama keluarga,” tambahnya. 

Ia menuturkan, jika hari Sabtu dan Minggu tempatnya selalu di padati pengunjung, bahkan sering kali dari dinas dan rekanan kerja sering memesan tempat tersebut. Bagi pengunjung tidak dikenakan tiket masuk, hanya dikenakan parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan mobil Rp 5.000.

“Paling ramai kalau pas sabtu dan minggu atau pas libur tanggal merah, sering juga dari dinas, pak camat, dan rekan memesan tempat untuk acara rapat atau gathering,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar) 

Exit mobile version