Gus Yasin Dorong Pelaku Wisata Kelola Wisata Halal

SOSOK: Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. (ISTIMEWA/LINGKARJATENG.ID)

SOSOK: Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. (ISTIMEWA/LINGKARJATENG.ID)

KARANGANYAR, Lingkarjateng.id – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen meminta pengelola wisata di Kabupaten Karanganyar untuk mengelola wisata halal.

Hal itu disampaikan Gus Yasin, sapaan karib Taj Yasin saat meresmikan Masjid Al Fatih International Islamic Boarding School di Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Selasa (19/10).

Orang nomor dua di Jateng itu mengemukakan, penikmat wisata halal cukup besar. Khususnya wisatawan dari Timur Tengah, seperti Turki, Maroko maupun Arab Saudi.

“Peminat wisata halal ini cukup besar. Mereka ingin berekreasi sekaligus menikmati kuliner. Dari aspek kuliner, jaminan halal meliputi cara mengolah, menyajikan hingga layanan menerima tamu penginapan,” kata Gus Yasin.

Lebih lanjut, putra ulama kharismatik itu menuturkan, Kabupaten Karanganyar memiliki beragam objek wisata yang bisa dikelola sebagai tempat wisata halal.

Oleh karenanya, upaya mendorong wisata halal di Jawa Tengah arus dilakukan dari hulu sampai hilir.

Contohnya, terkait upaya pemenuhan produk makanan halal.  Perlu disikapi secara serius untuk menyiapkan RPH halal untuk memenuhi kebutuhan produk makanan halal.

Secara langsung, politisi PPP tersebut mengapresiasi langkah Pondok Pesantren Isy Karima Karangpandan yang menyiapkan dan mengemas makanan halal secara mandiri. Diolah secara sehat dan sesuai dengan ketentuan agama.

“Tentu ini akan membuat wisatawan dari negara-negara seperti Maroko, Turki dan Saudi Arabia datang ke sini,” tutup Gus Yasin.  (Lingkar News Network|Koran Lingkar Jateng)