Yuk Coba, 10+ Ide Bekal Sekolah Anak TK yang Sehat dan Praktis

Yuk-Coba,-5-Ide-Bekal-Sekolah-Anak-TK-yang-Sehat-dan-Praktis

ILUSTRASI: Ide bekal sekolah anak TK. (Instagram @fikomenu/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idAnak-anak cenderung lebih tertarik dengan makanan-makanan yang bentuknya unik dan warnanya mencolok. Tak heran jika mereka suka jajan sembarangan meskipun sudah membawa bekal dari rumah. Anak-anak pun tak selalu melahap habis bekal makanan yang dibawanya. Oleh karena itu, mama bisa mencoba ide bekal sekolah anak TK yang sehat dan praktis membuatnya.

Mama dituntut harus kreatif untuk menyajikan bekal dan menu-menu kesukaan yang lezat dan juga menarik. Selain itu, saat membuat bekal pun mama harus mengerjakan dengan cepat, agar anak tidak terlambat ke sekolah.

Lalu, apa saja menu yang bisa menjadi pilihan ide bekal ke sekolah?. Berikut ini ada beberapa ide bekal sekolah anak TK yang bisa mama coba. Tentunya bekal ini sehat dan praktis menyajikannya.

Tips Memotivasi Anak Masuk Sekolah di Hari Pertama

1. Nasi gulung sushi

Ide bekal sekolah anak TK yang pertama adalah nasi gulung sushi. Selain sehat menu yang satu ini cukup unik. Nasi yang digulung seperti sushi akan menarik perhatian anak-anak. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah nasi putih, garam, layer rumput laut, 1 sendok makan minyak wijen, 4 batang buncis, 1 batang wortel, 2 buah sosis, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya, aduk nasi putih dengan sedikit garam. Sementara, rebus wortel dan buncis dengan sedikit garam. Awas, jangan terlalu lembek. Angkat lalu tiriskan. Tata nasi di atas rumput laut dan letakkan sosis, wortel, dan buncis. Gulung nasi seperti sushi dengan rumput laut. Sebaiknya balurkan minyak wijen ke pisau, saat mama akan memotong gulungan nasi. Bekal telah siap.

2. Smoothies pisang dan nanas

Ide bekal sekolah anak TK yang kedua adalah smoothies pisang dan nanas. Smoothies ini pun cocok untuk bekal sekolah anak-anak. Mama hanya perlu menyiapkan 2 buah pisang ambon yang dipotong-potong, 250 gram buah nanas yang dipotong-potong, 250 ml yoghurt tawar, 4 sendok makan madu, dan 1 sendok makan oatmeal.

Cara membuatnya pun praktis. Masukkan pisang, nanas, yoghurt, madu, dan oatmeal ke dalam blender. Blender semua bahan hingga lembut, lalu tuang ke dalam gelas saji. Smoothies pisang dan nanas siap jadi bekal anak-anak.

3. Strawberry cream cheese sandwich

Ide bekal sekolah anak TK yang ketiga adalah Strawberry cream cheese sandwich. Bahan-bahan yang mama butuhkan adalah 2 potong roti gandum, 2 sendok makan krim keju, 3 buah stroberi diiris.

Cara membuatnya, oleskan krim keju di atas irisan roti, dan lapisi dengan stroberi yang diiris di atasnya. Potong menjadi 2 atau 3 bagian. Sajikan segera atau bungkus dengan plastik atau kertas agar tetap baik sampai waktu makan siang tiba.

4. Katsu tempe

Ide bekal sekolah anak TK yang lain adalah katsu tempe. Ide bekal ini perlu mama coba. Selain unik, cara pembuatannya menu ini pun sangat praktis. Mama hanya perlu menyiapkan 6 potong tempe, 1 siung bawang putih yang dihaluskan, ½ sendok teh garam, 2 sendok makan terigu, 50 ml air, dan tepung panir. Jangan lupa saus sambal dan mayones untuk topping.

Cara membuatnya, campur semua bumbu ke dalam terigu lalu aduk rata. Masukkan tempe ke dalam adonan terigu tersebut. Angkat, lalu gulingkan ke dalam tepung panir. Goreng lalu sajikan tempe katsu dengan saus sambal dan mayones. Praktis bukan? Menu ini pasti akan disukai anak-anak.

5. Omelette

Omelette menjadi salah satu ide bekal sekoalah anak yang sehat dan praktis. Mama hanya perlu menyiapkan 3 butir telur, 1 sendok makan margarin, dan 100 gram sosis.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Potong sosis dan goreng kering ke dalam penggorengan anti lengket. Tambahkan margarin, lalu masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam penggorengan. Balik telur setelah matang keemasan. Lalu sajikan.

6. Sandwich ala Jepang

Ide bekal sekolah anak TK selanjutnya adalah sandwich ala Jepang. Sandwich ini berbeda dengan roti isi daging padaumunya, karena bahan utama dari menu ini adalah telur rebus yang dihancurkan dengan campuran mayo dan susu.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu 4 roti tawar tanpa pinggiran, 2 butir telur, ½ sachet mayones, 2 sendok keju parut, Garam secukupnya, Lada secukupnya, 1 sdm susu UHT, dan 1 sdm madu.

Cara membuatnya, rebus telur hingga tepat 12 menit supaya tidak terlalu matang. Angkat telur rebus dan masukkan ke wadah berisi air es untuk dikupas. Kemudian, hancurkan telur lalu campurkan dengan mayones, keju parut dan madu.

Tambahkan sedikit susu, garam dan lada (opsional). Terakhir olesi campuran telur tersebut di atas roti dan potong menjadi dua bagian. Bekal sandwich ala Jepang pun telah siap untuk dibawa.

7. Sate buah aneka warna

Sate buah aneka warna juga menjadi ide bekal sekolah anak TK yang bisa dicoba. Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu buah Stroberi, Jeruk, Pisang, Apel, Pir, dan tusuk sate

Cara membuatnya, cuci bersih dan kupas semua buah. Potong buah sesuai ukuran yang diinginkan. Tusuk tiap buah dengan tusuk sate secara selang-seling. Masukkan sate buah ke dalam tepak makan anak. Jangan lupa, pastikan ujung lancip sate buah dipotong agar aman.

8. Salad buah saus alpukat

Ide bekal sekolah anak TK yang tak kalah sehat dan praktis adalah salad buah saus alpukat. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah pir yang dipotong dadu, 1 buah naga yang dipotong dadu, 1 buah alpukat, dan biji chia secukupnya.

Untuk membuatnya, blender  buah alpukat hingga halus dan sisihkan. Letakkan potongan buah ke dalam kotak bekal anak, kemudian siram dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Terakhir, taburkan biji chia di atasnya.

9. Nugget sayur

Selanjutnya ada nugget sayur, yang masuk ke dalam jajaran ide bekal sekolah anak TK yang tak kalah sehat dan praktis. Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu 1 buah wortel, dipotong kecil-kecil, 1 butir telur ayam, 1 kotak tahu putih, 1 lembar daun bawang dipotong kecil-kecil, 1/2 butir bawang bombay, dan 100 gram tepung terigu.

Sementara untuk bumbu halus, bahan yang perlu disiapkan adalah 3 siung bawang putih, merica, garam, dan gula secukupnya. Sedangkan untuk bahan taburan, bahannya adalah tepung panir secukupnya.

Cara membuatnya, hancurkan tahu lalu masukkan irisan wortel, daun bawang, dan bahan lainnya kecuali telur. Masukkan bumbu halus ke dalam adonan, aduk rata. Kukus selama kurang lebih 15 menit. Setelah dikukus, potong kotak-kotak. Kocok telur, celupkan nugget ke dalam kocokan telur.

Kemudian baluri dengan tepung terigu. Panaskan minyak di wajan. Goreng nugget hingga cokelat keemasan, angkat lalu tiriskan. Nugget sayur siap disajikan di kotak bekal.

10. Roll up bento

Roll up bento juga bisa menjadi ide bekal sekolah anak TK. Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu 3 buah kentang, 2 buah wortel dan 2 buah timun, keju, susu cair, daging asap, daun selada, dan bumbu penyedap.

Cara membuatnya, rebus kentang sampai matang. Setelah itu haluskan. Rebus susu cair sampai mendidih. Tambahkan bumbu penyedap, lalu masukkan kentang yang sudah dihaluskan. Aduk sampai mengental, kemudian tambahkan keju.

Potong timun menjadi empat bagian, kemudian kuliti timun. Potong bahan-bahan lainnya, seperti wortel, daging asap, selada, dan keju. Letakkan potongan bahan tersebut di atas irisan kulit timun. Gulung setiap irisan kulit timun kemudian rapatkan menggunakan tusuk gigi. Ulangi hal yang sama sampai semua bahan habis.

11. Macaroni schotel

Ide bekal sekolah anak TK yang tak kalah sehat dan praktis, yang terakhir adalah macaroni schotel. Bahan-bahannya yaitu macaroni pasta, daging sapi giling, susu full cream, telur, kacang polong, dan wortel.

Cara Membuatnya, rendam macaroni pasta hingga mengembang. Kemudian rebus hingga matang. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, lalu aduk telur dan susu hingga merata. Masukkan daging cincang dan beri sedikit garam atau penyedap rasa.

Masukkan macaroni pasta ke dalam mangkuk yang berisi adonan telur, susu, dan daging. Aduk hingga merata, lalu masukkan ke dalam oven dengan api sedang hingga matang. Macaroni schotel siap jadikan bekal.

Beberapa ide bekal sekolah anak TK di atas, bisa mama coba. Selain lezat, tumbuh kembang anak-anak pun bisa optimal karena kandungan nutrisi makanan yang dibawa ke sekolah. Jangan lupa berkreasi, ya. Agar anak-anak tidak merasa bosan dengan bekal yang dibawa. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version