Wajib Tahu! Ini Cara Praktis Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Wajib-Tahu!-Ini-Cara-Praktis-Mencegah-Penuaan-Dini-pada-Kulit-Wajah

ILUSTRASI: Kulit wajah wanita. (Natalie Steyerova from Pixabay/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Seiring bertambahnya usia, setiap sel pada tubuh akan menurun fungsinya. Penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada tubuh dan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, banyak orang melakukan berbagai macam cara agar terlihat awet muda.

Berbicara mengenai penuaan dini, tentu tidak ada seorang perempuan yang menginginkannya. Terlebih, bila terjadi pada perempuan muda. Jika hal ini terjadi, bisa saja dia terlihat jauh lebih tua dibandingkan dengan umurnya. Hingga akhirnya membuat kepercayaan diri menurun.

Sebelum kita lanjut artikel nya baca dahulu artikel bermanfaat berikut :

Cek Diri Kamu! Ini Tanda Penuaan Kulit yang Perlu Diketahui

Sekarang, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit wajah. diantaranya sebagai berikut :

  1. Hindari Stres
  2. Mengatur Pola Makan
  3. Hindari Paparan Sinar Matahari
  4. Mengontrol Berat Badan
  5. Istirahat yang Cukup

Berikut Penjelasannya :

1. Hindari Stres

Seperti yang kita tahu, stres sering kali dianggap sebagai salah satu penyebab penyakit hipertensi, stroke, dan jantung. Namun nyatanya, stres juga bisa memunculkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Saat seseorang mengalami stres, wajah cenderung akan berkerut dan masam.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mencegah terjadinya penuaan dini sebaiknya kamu harus mengelola stres dan belajar mengatasinya. Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dan tidak mengalami stres berlebih.

2. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang juga bisa mencegah penuaan dini pada kulit karena kulitmu akan ternutrisi. Sebaiknya, kamu mengurangi makan makanan yang mengandung lemak trans dan gula. Kamu bisa mulai mengonsumsi makanan sehat yang bisa menutrisi kulitmu seperti tomat, wortel, ikan dan kiwi.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat memunculkan bintik-bintik hitam dan kerutan. Jika paparan sinar UV (Ultraviolet) terjadi terus menerus bisa memperlambat pembentukan kolagen dan merusak serabut selastis yang mengakibatkan muncul kerutan dan kulit akan kehilangan kelembapan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan sunscreen dengan 30 SPF atau yang lebih tinggi.

4. Mengontrol Berat Badan

Tubuh yang kurus tidak memiliki lemak alami yang sesuai pada struktur wajah, sehingga bisa memunculkan kerutan. Sedangkan, bagi yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya rajin melakukan olahraga. Hal ini agar tampilan lembek pada kulit wajah yang dihasilkan oleh lemak menjadi berkurang.

5. Istirahat yang Cukup

Jika kamu kurang tidur, maka akan muncul lingkaran hitam di sekitar mata dan kantung mata yang membesar. Istirahat yang cukup tidak hanya membuat tubuh kamu lebih segar bugar, tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat kulit wajah tampak segar.

Hindari Juga Kebiasaan yang bisa menyebabkan penuaan kulit berikut :

Awas! Kebiasaan Sepele Ini Bisa Mempercepat Penuaan pada Kulit Wajah

Nah, itulah beberapa cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Jadikan kulitmu lebih sehat, agar kulit wajah ternutrisi dan awet muda. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version