Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

Tips-Menjaga-Kesehatan-Anak-di-Musim-Pancaroba

ILUSTRASI: Seorang anak yang sedang diajari cuci tangan oleh orang tuanya. (freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Saat memasuki musim pancaroba, beragam penyakit kerap muncul dan bisa menyerang tubuh anak. Anak-anak pun rentan batuk, pilek, demam, atau muntah.

Meski pada akhirnya anak-anak bisa sembuh, namun sakit merupakan kondisi yang tidak menyenangkan. Apalagi ketika sakit, anak-anak jadi susah makan dan mudah menangis.

Nah, berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan anak di musim pancaroba yang bisa diterapkan oleh mama. Apa saja?

Waspada, Ini 5 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Pancaroba

1. Mengajak anak rajin cuci tangan

Tips menjaga kesehatan anak di musim pancaroba yang pertama adalah mengajak anak untuk rajin cuci tangan. Ketika mama membiasakan anak cuci tangan, anak akan mempunyai kebiasaan baik untuk mencegah penyakit. Hal ini karena tangan manusia bisa menjadi sarang kuman.

Jangan sampai lupa mama lupa ya, biasakan anak mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Selain itu, mama juga bisa mengajari anak menggunakan hand sanitizer.

Selain itu, mama juga harus mengajarkan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di luar rumah, setelah menyentuh hewan, setelah menyentuh benda kotor, dan setelah buang air.

2. Mengajak anak aktif bergerak

Tips menjaga kesehatan anak di musim pancaroba yang kedua adalah mengajak anak tetap aktif bergerak. Aktivitas fisik yang dilakukan anak secara rutin, dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh anak. Selain itu juga membantu tumbuh kembangnya.

Saat musim pancaroba tiba, seharusnya tidak menghalangi anak-anak untuk beraktivitas. Akan lebih baik jika anak tetap dianjurkan untuk tetap aktif bergerak, seperti bermain dan olahraga.

3. Menyiapkan menu makanan sehat

Tips menjaga kesehatan anak di musim pancaroba yang ketiga adalah menyiapkan menu makanan sehat untuk anak. Pemberian menu makanan sehat yang tepat sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Mama harus membantu anak-anak menghindari makanan yang kurang bergizi. Selain itu, mama juga dianjurkan untuk membuat jadwal makan teratur, mulai dari sarapan, minum susu, hingga makan malam.

4. Tidak sering bepergian

Tips menjaga kesehatan anak di musim pancaroba yang keempat adalah tidak sering bepergian. Keseringan keluar rumah bisa membuat anak terpapar oleh angin dan air hujan, lho mam.

Hal ini ini membuat anak-anak lebih rentan sakit. Selain itu saat di tempat umum, anak juga bisa terpapar dengan orang yang sedang sakit dan berisiko tertular.

5. Memastikan anak cukup tidur

Tips menjaga kesehatan anak di musim pancaroba yang kelima adalah memastikan anak cukup tidur. Istirahat dan tidur yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan anak-anak di musim pancaroba.

Mama harus memastikan anak-anak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tak hanya itu, kualitas tidur anak juga harus dijaga dengan baik.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan anak di Musim Pancaroba. Jika mama menjalankan kelima tips di atas, mama bisa meminimalkan anak dari kemungkinan terkena penyakit di musim pancaroba. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)