Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

ILUSTRASI: Rumah yang ditinggal mudik. (wirestock from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idMudik menjelang Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum yang paling dinantikan setiap tahunnya. Berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halaman setelah berpisah lama karena merantau adalah hal yang sangat membahagiakan.

Saat mudik, rumah yang berada di tempat perantauan pasti harus ditinggalkan dan rumah yang kita tinggalkan tentu akan sulit diawasi. Sedangkan, berbagai kemungkinan buruk dapat terjadi jika rumah ditinggalkan tanpa pengawasan.

Sebelum mudik, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar rumah yang kamu tinggalkan tetap aman selama mudik lebaran.

  1. Pasang CCTV
  2. Simpan barang berharga di tempat aman
  3. Pasang lampu otomatis
  4. Kunci pintu dan jendela
  5. Cabut aliran listrik dan gas
  6. Tutup lubang pembuangan
  7. Perbarui keamanan

Berencana mudik bawa motor? Yuk, baca tips di bawah ini

Tips Aman Mudik Lebaran Naik Sepeda Motor

Berikut ini penjelasan dari tips-tips aman meninggalkan rumah yang bisa kamu lakukan saat mudik lebaran.  

1. Pasang CCTV

Saat meninggalkan rumah, ada baiknya kamu pasang CCTV agar kamu tetap bisa mengawasi rumahmu saat kamu tinggal mudik. Seiring perkembangan teknologi, CCTV sekarang bisa dikoneksikan dengan telepon genggam sehingga kamu bisa memantau rumah dari jauh. Selain itu, CCTV sekarang juga sudah dilengkapi dengan berbagai program dan sensor canggih yang dapat mendeteksi adanya gerakan bahkan face recognition. Hal ini bisa membuat kamu tak khawatir dan tetap tenang saat mudik lebaran.

2. Simpan barang berharga di tempat aman

Jangan lupa simpan semua barang berharga yang kamu miliki di tempat yang aman seperti brankas. Jika kamu menyimpannya di brankas, pastikan juga bahwa password yang kamu gunakan tidak mudah ditebak. Dengan kamu menyimpan semua benda-benda berharga, harapannya tidak terjadi hal buruk seperti kebakaran, sehingga barang berhargamu akan tetap aman.

3. Pasang lampu otomatis

Kamu bisa memasang lampu otomatis ketika meninggalkan rumah saat mudik. Lampu otomatis akan membuat rumahmu lebih aman karena bisa menyala otomatis saat gelap dan mati saat terang. Jika kamu tidak memasang lampu otomatis, berarti lampu kamu akan hidup terus berhari-hari selama kamu mudik. Sedangkan, hal ini menandakan bahwa pemilik rumah sedang tidak ada, sehingga bisa menarik perhatian orang jahat.

4. Kunci pintu dan jendela

Sebelum mudik, pastikan lagi semua pintu dan jendela sudah tertutup rapat dan terkunci dengan benar. Apalagi jika rumahmu punya banyak jendela, kamu harus cek satu per satu agar tidak ada yang terlewat. Jangan lupa juga engsel-engsel pintu dan jendela masih berfungsi dengan baik. Kamu juga bisa menggunakan pengaman rangkap sebagai tambahan untuk beberapa pintu agar lebih aman bila perlu.

5. Cabut aliran listrik dan gas

Sebelum mengunci pintu dan jendela, pastikan kamu sudah mencabut aliran listrik dan gas sebelum meninggalkan rumah. Jangan sampai kamu lupa untuk tidak mencabut aliran listrik karena jika sampai lupa, dikhawatirkan bisa menimbulkan korsleting pada listrik yang tidak stabil atau pun dari sambaran petir. Selain listrik, kamu juga harus melepaskan gas dari regulator guna menghindari kebocoran.

6. Tutup lubang pembuangan

Jika kamu meninggalkan rumah, sebaiknya kamu menutup lubang pembuangan. Hal ini bertujuan agar kecoa dan tikus tidak masuk ke dalam rumahmu melalui lubang pembuangan. Selain rumah tetap aman, tentunya rumah akan tetap terjaga kebersihannya selama ditinggal mudik.

7. Perbarui keamanan

Tidak menutup kemungkinan pencuri akan merusak sistem keamanan, misalnya gembok. Pencuri bisa saja memberi cairan kimia pada gembok agar gembok rusak. Seiring perkembangan teknologi, ada juga gembok anti maling dan anti cairan kimia agar rumah tetap aman.

Awas Ghibah! Ini tips menjaga lisan agar puasamu tak ternoda

5 Tips Mudah Menjaga Lisan Agar Puasa Tak Sia-Sia di Bulan Ramadhan

Itulah beberapa tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Selain memastikan rumah yang kamu tinggal mudik aman, kamu juga harus memastikan bahwa kendaraan yang akan kamu kendarai prima, jika kamu terpaksa naik kendaraan pribadi. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)