Telinga Berdenging Menurut Islam, Ini Penjelasannya

ILUSTRASI: Telinga berdenging (Sumber Gambar: Freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Telinga berdenging (Sumber Gambar: Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Secara umum, sebagian besar orang pernah mengalami telinga berdenging atau mengeluarkan bunyi “nging…”. Namun, tak sedikit pula yang mengira sesuatu buruk telah terjadi.

Banyak mitos yang beredar di masyarakat  mengartikan telinga berdenging dengan sesuatu hal yang kurang menyenangkan. Bahkan, ada yang beranggapan telinga berdenging merupakan tanda orang lain sedang membicarakan Anda. Lalu, benarkah hal tersebut?

Menurut Islam, telinga berdenging atau berdengung memiliki makna tersendiri, seperti dalam Kitab Azizi Ala Jamiush Shagir. Berdasarkan kitab tersebut, Rasulullah SAW memanggil orang yang mengalami telinga berdenging. Oleh karena itu, arti dari telinga berdenging merupakan pertanda untuk mengingat Rasulullah SAW dengan mengucap sholawat.

5 Tips Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

“Jika telinga seseorang di antara kalian berdenging, sebutlah aku dan bersholawatlah kepadaku, dan bacalah Dzakarallahaahu bikhairin man dzakaranii (Semoga Allah menyebutkan kebaikan dari yang mengingatku)” (HR. Thabrani).

Senada juga diungkapkan oleh penceramah Buya Arrazy Hasyim. Beliau mengungkapkan jika nama Anda disebut di alam gaib malakut (alamnya malaikat dan jin) yang hadistnya dikutip oleh Imam an Nawawi, “Siapa yang telinganya berdengung, maka bacalah Basmalah, lalu berdoa Dzakarallahaahu bikhairin (Semoga Allah menyebutku dengan yang baik)”.

Dijelaskan juga oleh Buya, bahwa jika Anda mengucap Basmalah dan berdoa, Allah akan menyebut kebaikan Anda dengan yang baik atau lebih dari jabarut (puncak dari alam gaib mutlak) atau lebih dari semuanya.

Tips Atasi Kecemasan terhadap Varian Omicron

Selain itu, Imam Al Munawi menyebutkan “Sesungguhnya telinga itu berdenging hanya ketika datang berita baik ke ruh. Bahwa Sayyidina Rasulullah SAW telah menyebutkan orang (pemilik telinga yang berdenging) tersebut dengan kebaikan di al-mala’al- a’la (majlis tertinggi) di alam ruh,” (Kitab Azizi Alal Jamiush Shagir).

Sudah jelas bukan, telinga berdenging menurut Islam bukan sesuatu yang buruk? Jika telinga Anda berdenging, Anda dapat berdoa bersholawat dan berdoa pada Allah. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version