Strategi Punya Rumah untuk Anak Muda Usia 20-an

Strategi-Punya-Rumah-untuk-Anak-Muda-Usia-20-an

ILUSTRASI: Rumah idaman. (rawpixel from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idSebagian besar orang tentu akan menilai bahwa mempunyai rumah di usia 20-an hanyalah hayalan. Padahal rencana bagus ini pasti bisa terwujud jika kamu mau melakukan perencanaan dengan tepat.

Tentunya, hal ini tak jauh-jauh dari strategi penghematan dan manajemen keuanganmu yang harus sehat. Lalu, apa saja strategi punya rumah untuk anak muda usia 20-an?.

Yuk Coba, Tips Menabung untuk Anak Muda Usia 20-an

1. Punya tekad yang kuat

Strategi punya rumah untuk anak muda yang pertama adalah punya tekad yang kuat. Membeli rumah bukan hayalan jika kamu sudah punya tekad yang kuat dan dibarengi dengan rencana keuangan yang detail.

Fungsi dari perencanaan keuangan ini dimaksudkan agar kamu bisa menjaga pengeluaran yang kurang efisien. Jadi, kamu jangan terlalu boros atau mudah membelanjakan uang untuk membeli sesuatu yang tidak penting.

2. Jaga reputasi keuangan

Strategi punya rumah untuk anak muda yang kedua adalah menjaga reputasi keuangan. Jika kamu punya cicilan, pastikan kamu membayarnya dengan lancar setiap bulan. Reputasi kredit ini penting, lho. Terlebih jika suatu saat nanti kamu hendak mengajukan KPR. Jadi, semakin baik reputasi kamu di Bank, maka kamu juga punya kesempatan untuk mendapatkan plafon pinjaman yang lebih besar.

3. Jangan menyewa rumah

Strategi punya rumah untuk anak muda yang ketiga adalah jangan menyewa rumah. Hal ini karena biaya sewa bisa menjadi sumber pengeluaran terbesar. Jika kamu tidak lagi tinggal bersama keluarga dan terpaksa menyewa rumah, sebaiknya pilih unit sewa yang praktis dan tidak terlalu besar, akan biaya pengeluaran kamu juga tidak membengkak.

4. Tinggal di rumah orang tua

Strategi punya rumah untuk anak muda yang keempat adalah tinggal di rumah orang tua. Nah, dari pada kamu mengontrak, kamu bisa tinggal di rumah orang tua untuk sementara waktu. Meski terkadang hidup mandiri dirasa mudah, namun tinggal bersama orang tua itu bisa menghemat pengeluaran bulanan.

5. Investasi

Strategi punya rumah untuk anak muda yang kelima adalah investasi. Jika kamu punya uang tabungan di rekening bank, ada baiknya kamu mulai berinovasi untuk investasi. Saat ini, banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan oleh anak muda, mulai dari membeli saham, tabungan berjangka, dan masih banyak lainnya.

Nah, dari beberapa strategi di atas bisa kamu praktikkan untuk meraih impianmu memiliki rumah di usia muda. Jadi, siapkah kamu melakukan strategi di atas?. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)