Selamat, Ini 7+ Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial

Selamat, Ini 7+ Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial

ILUSTRASI: Seorang wanita yang sudah merdeka finansial. (benzoix from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Sebentar lagi kita akan memperingati Kemerdekaan Indonesia. Berbicara soal kemerdekaan, zaman sekarang merdeka tidak hanya berarti lepas dari penjajahan. Merdeka mempunyai arti yang luas, misalnya merdeka finansial (financial independence).

Merdeka finansial menjadi salah satu mimpi banyak orang. Biasanya seseorang yang sudah mencapai merdeka finansial tidak lagi mencemaskan masa depannya.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mencapai titik merdeka finansial karena ada banyak hal yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan.

Merdeka secara finansial tidak hanya memiliki banyak uang. Merdeka finansial memiliki arti yang lebih dalam misalnya, hidup dengan pantas dan secukupnya serta bebas utang. Nah, lalu apa tandanya apa saja jika kamu sudah mencapai merdeka finansial?. Cek, yuk.

1. Bisa hidup tanpa mengandalkan gaji

Tanda kamu sudah merdeka finansial yang pertama adalah kamu bisa hidup tanpa mengandalkan gajimu, yang berarti bahwa kamu punya pendapatan pasif. Di mana pendapatan pasifmu setiap bulannya sudah dapat mencukupi pengeluaranmu per bulan.

Misalnya, kamu sebagai pemilik rumah kos yang mendapatkan pendapatan pasif dari kos-kosan. Setiap bulan kamu bisa meraup keuntungan Rp 10 juta dari kos-kosan. Sedangkan pengeluaranmu perbulan Rp 8 juta. Nah, inilah yang dimaksud dengan pendapatan pasif yang sudah bisa mencukupi pengeluaran per bulan.

Jadi, tanpa gaji pun kamu bisa memenuhi kebutuhan karena kamu punya pendapatan pasif yang cukup bahkan lebih.

Strategi Punya Rumah untuk Anak Muda Usia 20-an

2. Punya dana pensiun

Tanda kamu sudah merdeka finansial yang kedua adalah punya dana pensiun. Saat pendapatan pasif kamu sudah lebih besar dari pengeluaran, maka kamu bisa mengalokasikan gaji dan sisa pendapatan pasif untuk menyiapkan masa depan.

Namun jika belum, kamu bisa mulai mempersiapkan dana pension dan program pension demi masa depan yang sejahtera. Jadi, kamu tidak akan membebani anak dan keluarga saat masa tua nanti.

3. Aset lebih banyak dari utang

Tanda kamu sudah merdeka finansial yang ketiga adalah aset yang kamu punya lebih banyak dari padda hutangmu. Jika nilai utangmu ternyata justru lebih besar dari aset yang kamu punya, tandanya kamu harus menata keuanganmu agar lebih disiplin lagi dengan cara mengurangi utang dan memperbanyak aset.

Jika nilai aset kamu lebih besar dari utang, berarti kondisi keuanganmu secara keseluruhan masih aman. Coba hitung nilai aset yang kamu punya, lalu bandingkan nilainya dengan nilai utang yang kamu miliki.

4. Punya dana darurat

Tanda kamu sudah merdeka finansial yang keempat adalah punya dana darurat. Kamu bisa menyiapkan dana darurat dengan cara menabung secara rutin tiap bulan. Dana darurat ini sangat penting bagi hidup.

Dana darurat inilah yang bisa kamu gunakan jika ada kebutuhan mendesak. Namun jika tidak ada kebutuhan darurat, kamu bisa menggunakan dana ini sebagai tabungan masa depan.

5. Punya asuransi jiwa dan kesehatan

Tanda kamu sudah merdeka finansial yang kelima adalah punya asuransi jiwa dan kesehatan. Asuransi jiwa berfungsi untuk memastikan seluruh keluarga dapat tercukupi jika sewaktu-waktu terjadi hal buruk yang tidak diinginkan, misalnya meninggal dunia.

Sedangkan, asuransi kesehatan bisa membantu menutupi biaya rumah sakit, sehingga kamu tak lagi merasa terbebani untuk membayar rumah sakit yang mahal. Apakah kamu sudah memiliki kedua asuransi tersebut?.

6. Pendidikan anak terjamin

Tanda kamu sudah merdeka finansial yang keenam adalah pendidikan anak sudah terjamin. Jika kamu sudah punya anak, dana pendidikan ini jangan sampai kamu lewatkan, lho.

Setiap tahun, biaya pendidikan terus mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan mulai sekarang, kamu juga bisa memanfaatkan auransi pendidikan untuk menjamin pendidikan anak di masa depan.

7. Punya waktu lebih banyak untuk berkarya

Tanda kamu sudah merdeka finansial yang ketujuh adalah punya waktu lebih banyak untuk berkarya. Kamu tidak perlu bangun pagi pulang malam setiap hari demi upah, misalnya investasi.

Dengan investasi, maka uang yang akan bekerja untukmu, sehingga kamu akan punya banyak waktu luang untuk tetap berkarya.

8. Tidur nyenyak

Tanda kamu sudah merdeka finansial yang kedelapan adalah tidur nyenyak. Jika kamu masih susah tidur setiap hari karena memikirkan masalah keuangan, maka kamu belum merdeka secara finansial.

Tapi jika kamu merdeka finansial, maka setiap harinya sudah ada pendapatan pasif yang cukup bahkan lebih untuk membiayai kebutuhanmu. Jadi, kamu tidak perlu memikirkan hari esok dan bisa tidur nyenyak.

Itulah beberapa tanda kamu sudah merdeka finansial. Dari 7+ tanda diatas, apakah kamu sudah memiliki semuanya?. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version