Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Cegah Flu di Musim Pancaroba

Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Cegah Flu di Musim Pancaroba

ILUSTRASI: Vitamin untuk mencegah flu. (8photo from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Cuaca yang tidak menentu memang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Terkadang hujan tiba-tiba mengguyur dengan deras dan tidak lama berhenti, lalu berganti dengan teriknya panas matahari. Cuaca semacam ini tentu dapat membuat daya tahan tubuh kamu melemah dan mudah terserang flu.

Berikut ini merupakan sejumlah vitamin terbaik untuk cegah flu yang cocok kamu konsumsi di saat cuaca pancaroba semacam ini. Vitamin-vitamin ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita terutama saat menghadapi cuaca yang berubah-ubah. Apa saja?

1. Vitamin B6

Vitamin B6 digunakan untuk membantu memproduksi sel darah merah dan putih. Selain itu juga bermanfaat untuk membantu menjaga tubuh dari penyakit menular termasuk flu.

Selain suplemen, vitamin B6 bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi unggas, ikan laut dalam seperti tuna dan salmon, pisang, dan kacang polong. Beberapa sereal yang dijual di supermarket kini juga sudah terfortifikasi dengan vitamin B6.

2. Vitamin C

Vitamin C dikenal mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Saat kekurangan vitamin C, tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit menular dan infeksi. Kaum perempuan dianjurkan mengonsumsi vitamin C 75 mg per hari, sementara laki-laki dianjurkan setidaknya 90 mg per hari.

Untuk sumber vitamin C selain suplemen, kamu dapat mengonsumsi jeruk, brokoli, stroberi, paprika, dan bayam. Sayur dan buah ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kamu.

3. Vitamin D

Jenis vitamin ini adalah salah satu yang wajib dikonsumsi untuk meningkatkan tingkat imunitas tubuh dan mencegah terjadinya infeksi akibat penyakit menular.

Vitamin D bisa diperoleh melalui suplemen. Sejumlah bahan makanan yang tinggi akan kandungan vitamin D seperti hati sapi, minyak ikan kod, dan ikan sarden.

4. Vitamin E

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko terpapar infeksi, sehingga jenis vitamin ini perlu kamu konsumsi di saat banyak orang terserang flu.

Vitamin E bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi kacang kedelai, kacang tanah, minyak dan biji bunga matahari, sayuran hijau, kacang almond, labu, serta alpukat.

5. Polifenol

Selain vitamin-vitamin yang telah disebutkan, sejumlah nutrisi juga penting untuk dikonsumsi demi mencegah flu. Misalnya polifenol, komponen yang berasal dari tanaman ini mampu mengatur sistem imunitas tubuh, sehingga mempermudah tubuh untuk mengatasi infeksi akibat penyakit menular.

Untungnya, hampir semua sayur dan buah mengandung polifenol. Oleh sebab itu, penting untuk memasukkan menu sayur dan buah ke dalam konsumsi harianmu.

6. Beta karoten

Nutrisi lain yang berasal dari tumbuhan namun penting untuk mencegah flu adalah Beta karoten. Beta karoten pada tanaman menyebabkan buah memiliki semburat warna merah dan oranye seperti ubi, wortel, tomat, dan mangga.

Namun, bagaimana bila kamu terlanjur terserang flu? Untuk mempercepat proses penyembuhan, kamu bisa mengonsumsi banyak makanan bernutrisi dan bervitamin.

Namun, ada dua nutrisi penting yang dapat mempercepat proses pemulihan sehingga wajib kamu konsumsi yaitu zinc dan vitamin C. Zinc adalah nutrisi yang sangat penting untuk membantu tubuh dalam memerangi infeksi. Sedangkan untuk vitamin C dianjurkan untuk dikonsumsi setidaknya 100mg per hari atau disesuaikan dengan kondisi tubuhmu. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version