Pentingnya Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Sikap Religius Peserta Didik

Pentingnya Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Sikap Religius Peserta Didik

POTRET: Kepala SDN Rogomulyo 01 Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Sutriah, S.Pd.SD. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

*Oleh: Sutriah, S.Pd.SD, Kepala SDN Rogomulyo 01 Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati

DALAM Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 bab 1 pasal 2 dikatakan Pendidikan Nasional adalah Pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar  Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 tentang fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional menegaskan “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab”.

Penulis sebagai Kepala sekolah SD Negeri Rogomulyo 01, Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, menjunjung tinggi Undang-Undang Sisdiknas tersebut dan turut aktif mengaplikasikan dalam kegiatan tahunan yaitu “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW” di SD Negeri Rogomulyo 01.

Menyadari bahwa sekolah berperan sangat penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku moral anak, dengan menanamkan nilai-nilai agama agar tercipta iman yang religius pada anak.

Tentu saja sikap ini harus dimiliki guru sebagai sosok yang diidolakan siswa. Sebagaimana guru bersikap dan bertutur kata di depan siswanya. Untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut, SD Negeri Rogomulyo 01 mengadakan kegiatan rutin tersebut yang bernafaskan kegiatan religius.

Sekolah sebagai wadah yang dipercaya dalam menyiapkan generasi bangsa yang tidak hanya pintar tetapi juga benar dalam artian benar sifat dan perilaku atau akhlaknya.

Kepala Sekolah sebagai pemimpin seluruh warga sekolah sudah menjadi bagian dari tanggungjawabnya, bahwa menyiapkan serta mempunyai strategi dalam mendidik siswanya dalam menghadapi tantangan zaman.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah melalui penerapan pembiasaan kegiatan ibadah atau agama bagi siswa sebagai sarana menumbuhkan akhlak dan perilaku yang baik.

Dampak yang terlihat dari adanya pembiasaan kegiatan agama yang ada di sekolah adalah semakin disiplinnya siswa serta meningkatnya nilai moral dalam diri siswa. Sehingga pembiasaan yang demikian menjadi hal yang baik dan efektif dalam mengontrol sikap peserta didik.

Seseorang yang telah mempunyai kebiasaan tertentu akan dapat melaksanakannya dengan mudah dan senang hati. Bahkan, segala sesuatu yang telah menjadi kebiasaan dalam sejak usia dini sulit untuk diubah dan tetap berlangsung hingga sampai hari tua.

Untuk mengubahnya seringkali diperlukan terapi dan pengendalian diri. Pembiasaan keagamaan dapat menjadi pagar dalam menanggulangi arus zaman yang negatif.

Jika dalam keseharian siswa telah tertanam suatu kebiasaan yang menjadi perangai baik, maka siswa akan berfikir ulang untuk melakukan hal yang negatif dan lebih memilih untuk melakukan kegiatan keagamaan yang terbiasa mereka lakukan di sekolah.

Pembiasaan merupakan cara yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai yang positif kedalam diri anak, baik dari aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif, selain itu pembiasaan juga dinilai sebagai cara yang efisien dalam mengubah kebiasaan negatif menjadi positif.

Tak hanya kegiatan pembiasaan tahunan, namun Penulis menegaskan bahwa kegiatan pembiasaan tersebut ada yang bersifat harian misalnya membaca hafalan asmaul husna, kemudian mingguan misalnya dengan membagikan kotak amal untuk jum’at berkah, kemudian di bulan tertentu pada peringatan hari besar agama.

Ketika semua kegiatan pembiasaan dilakukan secara rutin dan berkesinambungan, telah terjadi peningkatan perbaikan sikap dan moralitas pada diri siswa. Sehingga tercapailah salah satu visi dan misi Sekolah pada SD Negeri Rogomulyo 01.

Exit mobile version