Mesukseskan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Upacara Bendera

Mesukseskan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Upacara Bendera

Oleh : SUTRIAH, S.Pd.SD Kepala Sekolah SDN Rogomulyo 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Seluruh Sekolah di Indonesia melaksanakan upacara bendera setiap hari senin. Peserta upacara adalah seluruh siswa-siswi dan Guru. Pembina upacara adalah Kepala Sekolah atau Guru yang di tunjuk secara bergilir sesuai jadwal yang diberikan oleh seorang Kepala Sekolah. Biasanya kelas yang paling sering menjadi petugas adalah kelas tinggi dan siswa-siswi yang dipandang mampu untuk melaksanakannya. Namun sedikit berbeda yang di alami di Sekolah SD Negeri Rogomulyo 01. Tak seperti biasanya, justru tak hanya kelas tinggi saja yang ikut andil. Kelas rendah pun tak mau ketinggalan sebagai petugas upacara bendera. Menyadari bahwa pentingnya Pendidikan karakter harus dimulai sejak dini, selalu berlatih pada kegiatan dan perilaku yang nyata. Contohnya saja dengan mengikuti upacara bendera setiap hari senin dengan rutin. Bahkan ikut andil didalamnya, dengan menjadi petugas upacara dengan cara bergiliran.

Penulis sebagai Kepala Sekolah SD Negeri Rogomulyo 01 kecamatan Kayen Kabupaten Pati, dengan sabar telah membimbing dan memberikan pembinaan terhadap semua siswa saat menjadi Pembina upacara. Menurutnya, tak ada salahnya jika setiap siswa secara bergantian menjadi petugas upacara bendera. Tak lain maksudnya adalah melatih keberanian tampil di depan umum, selain itu dapat melatih kedisiplinan dan perilaku positif lainnya. Kalaupun melakukan kesalahan saat menjadi petugas upacara adalah hal yang sangat wajar sekali, apalagi bagi mereka yang baru pertama kalinya memberanikan dirinya untuk menerima mandat sebagai petugas upacara. Tentu hal ini sangat berdampak pada psikis seorang anak. Jika Kepala Sekolah dan semua Guru dengan sabar dan tulus membimbing dan membina siswa saat bertugas sebagai petugas upacara, dapat mendidik karakter mereka menjadi semakinlebih baik dari sebelumnya. Dukungan dari pihak sekolah, akan menjadikan siswa-siswi yang menerima tugas menjadi lebih percaya diri dan menumbuhkan sikap untuk berani tampil di muka umum.

Keterlibatan siswa dalam kegiatan upacara sangat penting. Upacara bendera merupakan sarana yang strategis dalam penyampaian pembinaan kepada siswa. Pembina dalam amanatnya menyampaikan motivasi, nasihat, dan pembelajaran untuk para siswa. Sebagai peserta upacara, siswa mendengarkan, memahami dan melaksanakan apa yang diamanatkan oleh Pembina upacara. Amanat yang disampaikan Pembina upacara tentunya dalam rangka pembinaan kepada siswa agar tujuan Pendidikan dapat tercapai, terlebih Pendidikan karakter siswa. Dalam urutan acara upacara bendera selalu ada menyanyikan lagu wajib nasional dan daerah. Dari setiap syair lagu yang di nyanyikan dapat menggunggah dan meningkatkan rasa kecintaan pada tanah air dan bangsa. Rasa kecintaan ini wajib dimiliki oleh semua siswa. Siswa harus bangga terhadap tanah air, bangsa, dan negerinya. Karena hal ini dapat menangkal derasnya budaya dari luar negeri. Rasa kecintaan terhadap tanah air ini dapat dijadikan semangat untuk membangun Indonesia. Siswa sebagai generasi muda, menjadi penerus estafet pembangunan bangsa dimasa yang akan datang.

Inti dari kegiatan upacara bendera, selain mendengarkan amanat Pembina upacara adalah pengibaran bendera. Pengibaran bendera sebagai inti kegiatan harus dilakukan secara tertib dan hikmat. Petugas harus benar-benar siap dan tanggungjawab penuh karena pada saat bendera di kerek ke puncak tiang, seluruh peserta upacara mengangkat tangan kanannya sebagai bentuk penghormatan. Peristiwa  ini sangat berpengaruh untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Terlebih sambil mendengarkan lagu Indonesia Raya yang mengiringi bendera berkibar. Sesuai dengan Peraturan Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). Gerakan PBP yang merupakan kegiatan non kurikuler di sekolah ini bertujuan untuk menciptakan iklim sekolah menyenangkan bagi seluruh warga sekolah dan menumbuhkan budi pekerti anak bangsa.

Maka dari itu, sebagai Seorang pemimpin di SD Negeri Rogomulyo 01 ini, Penulis mewajibkan melaksanakan kegiatan Upacara setiap hari senin, maupun hari-hari besar lainnya sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah agar tercapainya nawacita bangsa yang besar yang penuh dengan keanekaragaman ini.

Exit mobile version