Kuliner Takoyaki, Makanan Khas Jepang yang Banyak Dijumpai di Indonesia

takoyaki

Takoyaki, makanan khas Jepang yang banyak diperjualbelikan di Indonesia.(Falaasifah/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Takoyaki adalah makanan khas dari Jepang yang memiliki bentuk bulat kecil dan terbuat dari adonan tepung khusus takoyaki, dengan isian potongan gurita yang sudah direbus. Takoyaki sendiri memiliki tekstur yang lembut dan gurih. Apalagi setelah disiram saus dan mayones.

Untuk bisa mencicipi makanan takoyaki tak perlu jauh-jauh pergi ke Negeri Sakura Jepang, karena saat ini makanan tersebut mudah dijumpai di Indonesia dengan harga terjangkau.

Takoyaki berasal dari kata “tako” artinya gurita dan “yaki” artinya digoreng atau dipanggang. Untuk arti lengkapnya adalah adonan berisi gurita yang di panggang.

Pembuatannya pun sangat mudah. Bahan utama takoyaki adalah air dan telur. Sedangkan bahan pelengkapnya adalah daun bawang dan isian takoyaki.

Kuliner Pati, Ada Sushi Jepang yang Ramah di Kantong

Cara memasak takoyaki sendiri cukup sederhana. Adonan bahan utama dan bahan pelengkap dicampur lebih dulu, selanjutnya bisa diletakkan ke cetakan yang sebelumnya sudah dibubuhi minyak. Setelahnya menunggu sekitar 3-5 menit, lalu adonan dibolak-balik sampai menjadi bulat. Setelah warnanya kecoklatan baru diangkat, lalu ditempatkan di kotak dan diberi topping.

Proses pembuatan takoyaki menggunakan isian cumi yang sudah dipotong kecil-kecil. (Falaasifah/Lingkarjateng.id)

Salah satu pemilik kios takoyaki mengatakan, takoyaki tersedia dalam berbagai macam isian dan topping. Di negeri asalnya, isian takoyaki sendiri adalah gurita. Namun jika di Indonesia, isiannya lebih variatif. Seperti cumi, bakso ikan, sosis ayam, tempura, kepiting, dan keju.

Lentog Tanjung, Kuliner Kudus yang Ramah di Kantong

Adapun topping dari takoyaki ada berbagai macam, yakni saus takoyaki, mayones, serpihan rumput laut, saus pedas, serbuk cabai, dan yang paling unik adalah serpihan katsuobushi.

Katsuobushi adalah topping dari daging ikan cakalang asap serut yang ketika disajikan bisa bergerak-gerak layaknya masih hidup.

Harga yang dibandrol untuk bisa menikmati satu porsi takoyaki, yang berisi enam takoyaki dengan isian gurita dan cumi rata-rata bekisar Rp13.500. Isian selain gurita dan cumi dibanderol Rp12.000. Sedangkan porsi yang berisikan sembilan takoyaki dihargai dengan Rp17.000 – Rp 20.000. Semuanya tergantung dengan isiannya. (Lingkar Network l Falaasifah – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version