Kuliner Jepara, Nikmatnya Berbuka dengan Pepes Bandeng Bumbu Rujak

Kuliner-Jepara,-Nikmatnya-Berbuka-dengan-Pepes-Bandeng-Bumbu-Rujak

Menu spesial pepes bandeng bumbu rujak. (Tangkapan Layar Lingkar TV/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Kabupaten Jepara kaya akan menu makanan yang berbahan dasar ikan atau hasil laut, seperti Pindang Serani, Pindang Cemplung, Pindang Tetel, Pepes Ikan Bumbu Rujak, dan Pepes Ikan Bumbu Rempah. Pada bulan suci Ramadan seperti saat ini, menu-menu makanan tersebut kerap jadi menu andalan untuk berbuka puasa.

Salah satu hotel di kawasan Pantai Bandengan mempunyai menu spesial di bulan Ramadan. Menu spesial berbuka puasa itu berbahan dasar ikan segar yaitu pepes bandeng duri lunak dengan bumbu rujak dan Pindang Serani.

Ikan bandeng spesial disiapkan dengan bumbu-bumbu rempah pilihan yang diracik dan dibalurkan ke ikan. Kemudian, dibungkus daun pisang lalu dibakar pada api yang kecil.

Yuk, coba nikmati menu khas Jepang yang satu ini untuk berbuka

Kuliner Takoyaki, Makanan Khas Jepang yang Banyak Dijumpai di Indonesia

Selain menggunakan bumbu rempah, pepes ikan bandeng duri lunak juga menggunakan bumbu rujak sehingga menghasilkan cita rasa khas yang menggugah selera.

Menu makanan pindang serani dan pepes ikan bandeng duri lunak sengaja dijadikan menu utama, lantaran dua makanan tersebut merupakan makanan khas Kota Ukir.

Salah satu pengunjung, Sisi, sengaja memilih menu pepes ikan bandeng bumbu rujak, serta pindang serani sebagai makanan utama untuk berbuka. Sebagai makanan pendampingnya, Sisi memilih aneka makanan yang dibakar seperti Udang Bakar, Cumi Bakar, dan Sosis Bakar.

Pada pekan pertama Ramadan ini, pesanan menu pepes ikan bandeng duri lunak bumbu rujak cukup banyak. Setiap hari, pepes bandeng duri lunak bumbu rujak dan rempah-rempah terjual hingga ratusan porsi.

Kamu bisa juga mencoba makanan Sushi khas Jepang

Kuliner Pati, Ada Sushi Jepang yang Ramah di Kantong

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pepes bandeng bumbu rujak. Mulai dari jenis bahan kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya.

Jika kamu ingin membuat pepes bandeng bumbu rujak, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan diantaranya ikan bandeng, daun pisang, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, laos, garam, gula.

Ikan bandeng gurih yang dicampur dengan bumbu rujak tentunya akan menjadi santapan seru ketika kamu berbuka dan sahur. Jika ikan yang kamu pilih mempunyai kualitas yang baik dan segar, maka akan menghasilkan hidangan yang sangat lezat.

Mengenai bahan-bahannya, kamu juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat pepes bandeng bumbu rujak tersedia di pasar tradisional. (Lingkar Network | Lingkar TV)

Exit mobile version