Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Puasa Arafah, dan Puasa Tarwiyah

Keutamaan-Puasa-Dzulhijjah,-Puasa-Arafah,-dan-Puasa-Tarwiyah

ILUSTRASI: Piring kosong. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT karena di dalamnya terdapat perintah menunaikan ibadah haji bagi golongan yang mampu. Namun, bagi kita yang belum mampu melaksanakan ibadah haji, kita bisa memperbanyak ibadah lainnya seperti Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah.

Dalam hadist yang Nabi SAW yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, terdapat keutamaan puasa sebelum Idul Adha bagi yang menjalankan.

“Rasulullah SAW bersabda: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini,” (HR. At-Tirmidzi).

Kapan Waktu Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah?

Lalu, kapan sebaiknya kita melaksanakan Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah?. Pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Jadwal Puasa Dzulhijjah mulai tanggal 1 Juli hingga 7 Juli 2022. Sedangkan Jadwal Puasa Tarwiyah tanggal 8 Juli 2022, sementara jadwal Puasa Arafah tanggal 9 Juli 2022.

Apa Keutamaan Puasa Dzulhijjah?

Keutamaan Puasa Dzulhijjah antara lain, tanggal 1 Dzulhijjah, Allah SWT mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, maka yang berpuasa di hari itu akan diampuni dosa-dosanya. Tanggal 2 Dzulhijjah, Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkannya dari perut ikan nun, maka orang yang berpuasa di hari itu sama seperti beribadah dan berpuasa satu tahun tanpa maksiat.

Tanggal 3 Dzulhijjah, Allah mengabulkan doa Nabi Zakaria AS, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dikabulkan doanya. Tanggal 4 Dzulhijjah, Nabi Isa AS dilahirkan, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihilangkan kesusahan dan dikumpulkan bersama orang mulia di hari kiamat.

Tanggal 5 Dzulhijjah, Nabi Musa AS dilahirkan dan dimuliakan munajatnya, maka orang yang berpuasa di hari itu akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur. Tanggal 6 Dzulhijjah, Allah membukakan pintu kebaikan semua nabi, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dipandang Allah dengan penuh rahmat dan kasih sayang.

Tanggal 7 Dzulhijjah, pintu neraka jahanam dikunci dan tidak akan dibuka sebelum berakhir pada 10 Dzulhijjah. Maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihindarkan dari 30 pintu kemelaratan dan kesukaran serta dibukakan 30 pintu kemudahan untuknya.

Apa Keutamaan Puasa Tarwiyah?

Keutamaan Puasa Tarwiyah yaitu bisa menghapus dosa selama satu tahun. Hal ini dijelaskan pada hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Syekh Al-Ishfahani dan Ibnu Najar, yang artinya:

“Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR. Abu Syekh Al-Ishfahani dan Ibnu Najar).

Apa Keutamaan Puasa Arafah?

Keutamaan Puasa Arafah ini dijelaskan Rasulullah SAW pada sebuah hadis yang artinya:

”Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan dating, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR. Muslim).

Itulah informasi seputar waktu pelaksanaan dan keutamaan Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version