Keutamaan Membaca Surat Yasin, Amalkan Rutin Setiap Hari!

ILUSTRASI: Mengamalkan Surat Yasin. (Sumber Gambar: Freepik @meen_na)

ILUSTRASI: Mengamalkan Surat Yasin. (Sumber Gambar: Freepik @meen_na)

Lingkarjateng.id – Surat Yasin merupakan surat yang ke-46 dalam AlQuran. Surat ini tergolong dalam Surat Makkiyah dengan total 83 ayat. Dalam lingkungan masyarakat, Surat Yasin populer dibaca untuk mengisi kegiatan seperti tahlilan, malam Jumat, khitanan dan sejenisnya.

Selain itu, Surat Yasin juga kerap dibaca ketika wirid setelah sholat fardhu. Dikutip dari NU Online, kalimat Yaa Siin merupakan sumpah Allah SWT, nama Allah SWT, nama AlQuran, nama Rasulullah SAW dan penegasan kepada manusia yang belum diperingatkan pada masa sebelumnya bahwa Rasulullah SAW merupakan utusan-Nya.

Dalam HR Tirmidzi dan al-Darimi, Rasulullah SAW bersabda, “ Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati dan sesungguhnya hati AlQuran adalah Yasin. Barangsiapa yang membacanya seakan ia membaca AlQuran sepuluh kali.”

Bagaimana Adab Berbicara dalam Islam?

5 Adab Berbicara dalam Islam

Selain itu, bagi yang membaca Yasin pada suatu malam dengan mengharap wajah pada Allah SWT, maka akan diampuni pada malam itu. Hal ini diungkapkan oleh Abu Hurairah yang mana telah menuturkan bahwa Rasulullah bersabda, “ Barangsiapa yang membaca Yasin pada suatu malam dengan mengharap wajah Allah SWT, maka ia akan diampuni pada malam itu.” (HR. Ad-Darimi: II/457)

Adapun keutamaan-keutamaan membaca Surat Yasin setiap hari, diantaranya:

Pertama, dijauhkan dari petaka. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat At-Thobroni, “Barangsiapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR. At-Thobroni dari pernyataan Anas Bin Malik).

Bagaimana Adab Bertetangga Menurut Islam?

Wajib Ditiru, Inilah Adab Bertetangga Menurut Islam

Kedua, dapat memperlancar rezeki. “Barangsiapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan Daarimi Juz 2 Halaman 549)

Ketiga, dilimpahkan kebahagiaan. Dengan membaca Surat Yasin dibaca setiap hari dapat membuat batin menjadi lebih tenang dan tidak gelisah.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah SWT. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram,” (QS. A-Ra’d: 28).

Keempat, dapat meringankan siksa kubur. “Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di perkuburan itu,” (Tafsir Nur ats-Tsaqalayn 4/373).

Telinga Anda Berdenging? Apa Penjelasannya?

Telinga Berdenging Menurut Islam, Ini Penjelasannya

Kelima, diampuni dosa-dosanya. Dikutip dari NU Online, Surat Yasin disunnahkan dibaca pada orang yang hendak meninggal dunia. Hal ini dituangkan dalam salah satu hadis riwayat Ahmad.

“Al-Baqarah adalah punuknya al-Quran dan ayat (ini) dikeluarkan dari bawah Arsy, yaitu Allahu Laa Ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum. Sedangkan, Surat Yasin adalah inti dari AlQuran. Tidaklah seseorang yang membacanya dengan niat menginginkan Allah dan negeri akhirat melainkan ia akan diampuni. Bacakanlah ia pada orang-orang yang hendak meninggal di antara kalian.” (HR Ahmad: V/25, 26).

Demikianlah fadhilah atau keutamaan-keutamaan membaca Surat Yasin. Lakukanlah secara rutin. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Sumber Referensi:

Firdausi. (2022). NU Online: Keistimewaan Membaca Surat Yasin. Dikases pada 9 Mei 2022, dari https://jatim.nu.or.id/keislaman/keistimewaan-membaca-surat-yasin-ZcrrH