PHDI Semarang Sucikan Diri dengan Upacara Melasti

Upacara Melasti Semarang

KHIDMAT: Umat Hindu Kota Semarang saat melangsungkan Upacara Melasti di Pantai Marina. (Dinda Rahmasari/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Umat Hindu yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang, melangsungkan Upacara Melasti pada Minggu (27/2) sekitar pukul 07.00 WIB di Pantai Marina. Upacara tersebut merupakan rangkaian prosesi ibadah jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944/ Tahun 2022 yang jatuh pada 3 Maret 2022 mendatang.

Ketua PHDI Kota Semarang, Nengah Wirta Darmayana menerangkan, bahwa Upacara Melasti adalah pengambilan air suci di tengah laut yang dipimpin oleh Pinandita. Air suci itu nantinya yang akan digunakan untuk sembahyang bersama.

“Upacara ini mempunyai makna sebagai penyucian dan pembersihan diri dari kotoran batin dan lingkungan atau alam semesta sebelum memasuki Tahun Baru Saka 1944,” ujarnya.

Bupati Kendal Kukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama

Tak hanya sekadar mengambil air saja, namun dalam Upacara Melasti terdapat sejumlah prosesi yang harus dilalui. Dimulai dengan mengambil air suci dari tengah laut dan sumber mata air lain.

Kemudian sebelum melakukan ibadah, lanjutnya, Umat Hindu berjalan bersama dari gerbang Pantai Marina menuju lokasi ibadah. Lokasinya berada di sisi paling timur dari pantai yang bertempat di Kompleks PRPP, Kecamatan Tawang Sari ini.

Setelah sampai lokasi ibadah, umat Hindu merapal berbagai doa. Selanjutnya melakukan penyucian dengan menaruh sesaji. Tidak seperti tahun lalu, Nengah mengungkapkan, jika Melasti tahun ini dilaksanakan secara utuh. Kalau tahun lalu, umat Hindu Kota Semarang hanya melakukan upacara pengambilan air saja di tengah laut.

Nengah mewakili umat Hindu Kota Semarang berharap, dengan Upacara Melasti ini selain mensucikan diri juga berharap pandemi Covid-19 segera sirna. “Tidak hanya diri kami saja yang jadi lebih suci tetapi semua dunia ini disucikan dari berbagai dosa dan kesalahan termasuk pandemi Covid-19,” ujarnya. (Lingkar Network | Dinda Rahmasari – Koran Lingkar)

Exit mobile version