Masjid di Juwana Pati Tiap Hari Siapkan 200 Porsi Prasmanan Buka Puasa dan Doorprize

Masjid di Juwana Pati Siapkan 200 Porsi Bukber Tiap Hari, Libatkan Teman Nasrani untuk Mencicipi

BERKAH: Sebanyak 200 porsi prasmanan disiapkan tiap hari untuk buka puasa di Masjid Daruttaqwa, Desa Growong Kidul, Kecamatan Juwana, Pati. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Puluhan tahun Masjid di Juwana Pati ini menyediakan menu buka bersama. Adalah Masjid Daruttaqwa, Desa Growong Kidul, Kecamatan Juwana Pati yang senantiasa menyelenggarakan kegiatan buka bersama selama 30 hari berturut-turut di bulan Ramadhan. Tahun ini, Masjid Daruttaqwa kembali menggelar buka bersama secara prasmanan. Tak tanggung-tanggung, panitia menyediakan 200 porsi prasmanan.

“Selama ini kegiatan buka bersama di Masjid Daruttaqwa diselenggarakan secara prasmanan. Hanya pada masa pandemi Covid-19 saja yang diwujudkan dalam bentuk paket bungkusan nasi, lauk, sayur, dan minuman manis,” terang Teguh Wahyudi, Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H / 2022 M.

Kesibukan para ibu biasanya sudah mulai tampak sejak pagi, di mana belasan ibu yang tergabung dalam seksi konsumsi bahu-membahu masak bersama di samping area masjid Daruttaqwa. Seperti Kamis pagi ini (7/4), di mana giliran donasi konsumsi jatuh pada Sukatni, warga yang tempat tinggalnya di seberang masjid.

“Berdasarkan pengamatan beberapa hari ini, tampaknya terjadi lonjakan peserta. Jadi hari ini kami siapkan 200 porsi untuk prasmanan,” ungkap Sukatni.

Yayasan Subur Makmur Sejahtera Pati Buka Wakaf Mobil Berkah

Menurut Ketua Panitia, lonjakan itu bukan dari musafir yang melintas. Namun karena antusiasme warga sekitar untuk bergabung dalam kegiatan jelang berbuka.

Diakui Teguh, sebelum saat berbuka tiba, memang para jamaah dikondisikan untuk mengikuti kajian terlebih dahulu. “Dan agar tambah semangatnya, di kajian tersebut kami siapkan doorprize berupa minyak goreng bagi peserta yang mengajukan pertanyaan ke Ustadz,” jelas Teguh.

Ketua panitia pun membenarkan bila beberapa hari ini terjadi tren kenaikan peserta buka bersama. “Saat hari Sabtu yang hadir baru sekitar 155 orang karena warga sekitar ada juga yang baru memulai puasa pada Ahad,” terang Teguh.

Yayasan Subur Makmur Sejahtera Gelar Khitan Massal di Hotel Berbintang

Selain semarak dengan kegiatan buka bersama, diakui Teguh, tiap Ramadhan, kegiatan penghimpunan zakat, infaq, shodaqoh pun kian semarak. “Di sini semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan sangat tinggi. Ambulance saja sampai ada tiga yang terparkir di halaman masjid,” imbuhnya.

Ketiga ambulans yang dikelola oleh Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Juwana di bawah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Juwana  tak pernah sepi dari kegiatan sosial. Itu karena warga Juwana tahu kalau penggunaan ambulance untuk mengantar jenazah atau mengantar warga berobat ke rumah sakit, tak pernah dikenakan biaya.

“Sopirnya pun sudah komitmen tak kan menerima amplop ucapan terima kasih dari warga yang memanfaatkan ambulance. Itu karena semua sopir sudah menerima gaji dari Lazismu Kantor Layanan Juwana,” jelasnya.

Dari tahun ke tahun, Lazismu Kantor Layanan Juwana berkembang pesat. “Hingga jika ditotal sejak pertama kali hadir di Juwana, dana yang dihimpun dan telah ditasyarufkan mencapai miliaran rupiah,” lanjut Teguh.

Kini  PCM Juwana tersebut bahkan sedang menggalang dana jama’ah untuk membangun sebuah gedung pertemuan untuk kegiatan sosial lainnya. Dana bisa disalurkan melalui Lazizmu Juwana. (Lingkar Network | Nailin RA – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version