Kemenag Rencana Berangkatkan Jemaah Umrah Bulan Ini

Yandri Susanto

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto (Dok DPR RI/Lingkarjateng.id)

JAKARTA, Lingkarjateng.id – Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto mengungkapkan, Kementerian Agama (Kemenag) berencana memberangkatkan jemaah umrah pada Januari 2022 ini. Namun, persyaratannya ialah aplikasi PeduliLindungi milik Indonesia dan Tawakkalna milik Arab Saudi harus sudah tersinkronisasi.

“Saya sempat berdiskusi dengan Pak Menteri (Agama) dan Pak Dirjen Haji termasuk Pak Sekjen (Kemenag) memang dalam bulan Januari, InsyaAllah akan memberangkatkan jemaah umrah, tapi dengan syarat ya PeduliLindungi sudah teraplikasi dengan Tawakkalna, termasuk manasiknya sudah disesuaikan dengan manasik di zaman pandemi, dan lain sebagainya,” kata Yandri, Selasa (4/1).

Arab Saudi Buka Penerbangan Langsung per 1 Desember 2021

Politikus PAN itu, meminta Kementerian Kesehatan untuk segera menuntaskan pengerjaan sinkronisasi kedua aplikasi tersebut. Karena itu, pihaknya meminta ke Kementerian Kesehatan, jika memang benar-benar tuntas ya perlu di-launching, perlu dipublikasikan.

“Selain itu juga perlu disampaikan ke jemaah umrah maupun ke masyarakat secara umum, sehingga tidak lagi ada tanda-tanya apakah benar sudah terafiliasi apa belum,” ujarnya.

Menurut dia, bila proses sinkronisasi PeduliLindungi dan Tawakkalna belum selesai, nantinya akan menghambat jemaah asal Indonesia saat menjalani aktivitas ibadah umrah.

“Karena ketika ini belum tuntas, kita khawatir saat jemaah umrah tiba di Jeddah atau di Madinah akan sulit untuk lancar urusan ke sana kemarinya. Itu bisa membuat jemaah umrah terhambat selama ada di Saudi,” ujar legislator dapil Banten II itu. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)

Exit mobile version