Jelang Imlek, Klenteng Tri Dharma Weleri Kendal Dibersihkan

BERSIH: Jelang Tahun Baru Imlek 2573, arca dewa di Klenteng Tri Dharma Weleri Kendal sedang dibersihkan dan diberikan pakaian. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

BERSIH: Jelang Tahun Baru Imlek 2573, arca dewa di Klenteng Tri Dharma Weleri Kendal sedang dibersihkan dan diberikan pakaian. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, satu-satunya klenteng di Kabupaten Kendal yaitu Klenteng Tri Dharma Weleri melaksanakan bersih-bersih, Kamis (27/1). Semua komponen ibadah yang ada di klenteng termasuk arca, tempat dupa dan tempat sembahyang dibersihkan.

Agus Kurniawan, salah seorang pelayan klenteng yang terletak di Desa Penyangkringan, Kecamatan Weleri itu menjelaskan, acara bersih-bersih ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Momentumnya adalah pada saat dewa-dewa menuju kahyangan sehingga saat tahun baru tempat ibadah sudah bersih.

“Ini kegiatan rutin kami bentuk pengabdian kami membersihkan rumah ibadah, sehingga saat melaksanakan ibadah pada imlek nanti bisa berjalan lancar dan diterima doa-doa kita, dimana kami berdoa agar pandemi segera berakhir,” ujar Agus.

Pasar Imlek Semawis Ditiadakan, Komunitas Siapkan Acara Pengganti

Menurut Agus, inti dari membersihkan tempat ibadah ini juga untuk membersihkan hati dan pikiran supaya ke depan mendapatkan jalan yang terang, hati yang bersih dan kesehatan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Tri Dharma Weleri, Riyanto menjelaskan, peringatan Tahun Baru Imlek tiap tahun dilaksanakan, hanya masa pandemi dua tahun terakhir diperingati dengan sederhana.

Ibadah besar yang atau sembahyang King Thi Kong akan dilaksanakan 8 Februari 2022 mendatang. Karena masih pandemi maka dilaksanakan dengan prokes yang ketat, termasuk penggiliran dalam melaksanakan doa.

“Peringatan dan sembahyang selalu ada tiap tahun, namun untuk dua tahun terakhir kita laksanakan dalam suasana pandemi sehingga protokol kesehatan selalu diterapkan dengan ketat, kami juga senantiasa berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” ujar Riyanto. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version