Jangan Hanya Menghafal, 5 Cara Jitu Ini Permudah Anda Belajar Kosakata

ILUSTRASI: Membuat mindmap untuk belajar kosakata. (Freepik @rawpixel.com/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Membuat mindmap untuk belajar kosakata. (Freepik @rawpixel.com/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Bahasa memiliki peranan penting bagi kehidupan sosial manusia. Bagi anak usia dini, pengenalan bahasa menjadi sarana untuk belajar mendengar, berbicara, berpikir, dan selanjutnya untuk bisa membaca dan menulis. Penggunaan bahasa juga penting agar bisa menyampaikan perasaan atau keinginan. Selain bahasa ibu, di dunia yang semakin maju ini pengenalan bahasa asing juga tidak kalah penting. Salah satunya bahasa internasional, bahasa Inggris.

Untuk mengenal bahasa baru, setidaknya memerlukan pengetahuan kosakata yang mumpuni sehingga bisa langsung praktik komunikasi secara lisan. Terkadang menghafal kosakata bahasa baru tidak selalu mudah sehingga mudah lupa.

Nah, berikut ini beberapa cara menyenangkan untuk belajar kosakata agar tidak mudah terlupakan.

Menghafal dengan lagu

Bagi anak-anak menghafal kosakata dengan bernyanyi merupakan cara yang menyenangkan, menghibur serta mudah diingat. Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa belajar kosakata melalui lagu sebagai medianya.

Metode menghafal dengan bernyanyi atau lagu sering dipraktikkan guru kepada muridnya, dan memang terbukti anak-anak usia dini cenderung lebih mudah menghafal kosakata baru. Sehingga, bukan tidak mungkin bagi orang dewasa untuk belajar bahasa melalui lagu. Apalagi ketika menemukan lagu favorit, penyerapan kosakata bisa jadi lebih cepat dan menyenangkan.

Permainan kosakata

Semakin sering kita melihat, membaca, mendengar dan menulis kosakata baru otak akan semakin familiar dengan kata-kata baru sehingga cepat dihafalkan. Kamu bisa menggunakan permainan kata seperti scrabble online atau game lain yang  erat kaitannya dengan kosakata.

Flash card

Permainan kartu berisi kosakata juga bisa jadi cara menyenangkan belajar bahasa. Kamu bisa membuat permainan kartu sendiri dengan menggunakan kosakata baru yang ingin dipelajari. Tidak hanya kosakatanya saja, kamu bisa menambahkan keterangan gambar, cara baca, makna, serta kelas kata.

Agar lebih menyenangkan, kamu bisa mengajak teman untuk belajar bersama menggunakan permainan kartu ini, loh.

Permainan ABCD

Permainan ABCD juga bisa menjadi alternatif untuk menghafal kosakata. Permainan ini dimainkan minimal oleh dua orang. Caranya, masing-masing pemain dapat mengeluarkan jumlah jari-jarinya lalu dihitung menggunakan alfabet A-Z. Huruf terakhir adalah misi yang digunakan untuk menyebutkan satu kata berdasarkan tema yang ditentukan. Misalnya menyebutkan nama hewan, benda di sekolah, kata kerja, dan lain sebagainya.

Show and tell

Menghafal kosakata yang lebih menantang adalah dengan bermain show and tell. Misalnya peserta menunjukkan objek tertentu, kemudian merangkai kata atau cerita dengan kata kunci tersebut. Atau ketika menunjukkan sebuah foto, peserta bisa mendeskripsikan isi foto tersebut.

Bermain show and tell selain bisa menambah kosakata juga mengasah pelafalan dan penguasaan bahasa yang sedang dipelajari.

Membuat kamus pribadi

Butuh usaha lebih untuk belajar kosakata dengan membuat kamus pribadi, sebab kamu harus mencatat kosakata tersebut secara manual. Namun metode ini justru dapat membantu kamu mengingat lebih mudah daripada hanya dengan membaca dan menghafal. Proses menulis membuat daya ingat lebih kuat. Kamu juga bisa membuat kamus pribadi dengan mengelompokkan kosakata berdasarkan tema masing-masing.

Metode belajar menghafal di atas, cukup menyenangkan bukan? Kini giliran kamu mencobanya dan lihat perkembangan selanjutnya. Selamat mencoba. (Lingkar Network | Ulfa – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version