Koran Lingkar Bakal Jadi Koran Nasional, Pemred: Komitmen Hadirkan Berita yang Aktual nan Faktual

koran lingkar siap jadi koran nasional

LAUNCHING: Pembacaan Sholawat Simtudduror dan lantunan Qosidah di acara Lingkar Media Group Bersholawat #2 dalam rangka melaunching Koran Lingkar Jateng menjadi Koran Lingkar, Jumat (28/1). (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Koran Lingkar Jateng kini resmi menjadi Koran Lingkar. Sesuai rencana, pada Februari 2022, Koran Lingkar siap jadi koran nasional. Dengan demikian, segmentasi hingga wilayah edar Koran Lingkar pun akan berubah.

Direktur Koran Lingkar, Muchammad Noofal mengatakan, Koran Lingkar akan mulai edar di sisi Pantura. Mulai dari Lamongan dan Tuban untuk Pantura, Jawa Timur, dan pada area Jawa Barat ekspansi tersebut akan dimulai di Kota Cirebon dan Bandung.

“Alhamdulillah saat ini Kepala Daerah yang sudah saya kunjungi sangat mendukung dan melihat kualitas pemberitaan kita yang dibilang tampil beda, sangat berbeda dengan media lain,” ujarnya.

BERSHOLAWAT: Hadroh Az-Zahir asal Pekalongan mengisi acara Lingkar Media Group Bersholawat #2, Jumat (28/1). (Istimewa/Lingkarjateng.id)

Noofal menambahkan, perubahan ini diawali dari pilot project yang sudah berjalan satu bulan belakangan. Namun baru pada Februari nanti, Koran Lingkar akan merambah pembaca ke ranah nasional.

Lingkar Media Group Launching Produk Baru Bersama Habib Zainal Abidin bin Segaf Assegaf

Kesiapan menjadi Koran Nasional ini disokong dengan keberadaan para wartawan yang siap ditempatkan di pusat pemerintahan. Menurutnya, sampai saat ini, dirinya telah mengantongi beberapa CV untuk wartawan yang siap mengisi di Jakarta sebagai ranah pemberitaan nasional.

“Saat ini ada beberapa pelamar dari Jakarta akan benar-benar melengkapi wartawan Nasional. Karena Februari nanti sudah jadi koran nasional. Pemberitaan langsung dari Kementerian-Kementerian dan DPR RI akan bersumber dari wartawan kita nantinya,” terangnya.

Meski berubah menjadi Koran Nasional, Noofal berpesan agar hal ini tidak membuat para wartawan ditingkat regional menjadi minder. Ia bahkan berharap sebaliknya, bahwa perubahan ini disambut oleh para wartawan sebagai bentuk pembuktian diri bahwa tulisannya dapat dibaca khalayak yang lebih luas nantinya.

“Hal itu tidak ingin dari teman-teman jurnalis di daerah tidak ingin merasa insecure. Justru inilah yang saat inilah berita yang disajikan bisa dibaca Nasional. Jadi ayo kita galakkan berita daerah, hadirkan lagi berita ke khalayak Nasional,” tegasnya.

Aktual dan Faktual

Di sisi lain, Pemimpin Redaksi (Pemred) Koran Lingkar, Dimas Elshihab berkomitmen akan tetap menghadirkan berita-berita yang aktual nan faktual kepada para pembaca. Ia tak ingin, sejumlah perubahan yang ada malah menjadi batu sandungan bagi Koran Lingkar. Sebaliknya, ia bertekad menjadikan perubahan, dari yang tadinya Koran Regional menjadi Koran Nasional ini menjadi batu loncatan, agar Koran Lingkar kian dikenal khalayak yang lebih luas.

Disinggung terkait persiapan, pihaknya bersama jajaran redaksi Koran Lingkar telah sejak lama menggodok formula yang pas, guna memanjakan para pembaca. Pasalnya, terdapat sejumlah perubahan mulai dari halaman depan hingga halaman belakang Koran.

“Halaman depan Koran Lingkar berubah, dalemnya berubah, belakang juga berubah. Kita sesuaikan biar balance,” ungkapnya.

Jadi Corong Masyarakat, Lingkar Media Group Bangun Sinergitas dengan Rumah Pancasila

Namun demikian, adanya perubahan ini tak lantas mengubah jati diri Koran Lingkar itu sendiri. “Kita akan tetap menjadi garda terdepan untuk mengawal jika terjadi penyimpangan dalam tubuh pemerintahan. Sesuai dengan tagline koran kita, yaitu Pengawal Politik dan Kebijakan Publik,” tegasnya. 

Terkait penambahan wartawan di Jakarta, ia mengungkapkan, hal itu menjadi bagian dari penyesuaian diri Koran Lingkar itu sendiri. Meski begitu, ia menegaskan, nantinya Koran Lingkar tidak ingin hanya sebagai penggembira isu-isu Nasional saja, tetapi dapat menjadi bagian media yang diperhitungkan dalam skala Nasional. “Bak makhluk hidup yang terus tumbuh, kita di sini menegaskan bahwa Koran Lingkar juga akan terus tumbuh dan berkembang. Harapannya Koran Lingkar ke depan bisa bersaing dengan media-media besar lainnya,” pungkasnya. (Lingkar Network | Aziz Afifi – Koran Lingkar)

SEMANGAT: Para santri semangat melantunkan sholawat dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan saat acara Lingkar Media Group Bersholawat #2, Jumat (28/1). (Istimewa/Lingkarjateng.id)
Exit mobile version