Inilah Cara Beli Pertalite dan Solar Pakai Aplikasi MyPertamina

POTRET: Salah satu SPBU Pertamina di Kabupaten Pati. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

POTRET: Salah satu SPBU Pertamina di Kabupaten Pati. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id PT Pertamina (Persero) bakal melakukan uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina. Hal ini dilakukan sebagai langkah Pertamina dan pemerintah dalam menyasar pengguna Pertalite dan Solar bersubsidi tepat sasaran. Oleh karena itu, Pertamina perlu mendata konsumen yang bisa mendapatkan BBM bersubsidi tersebut.

Anda yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar, dapat mendaftarkan data Anda melalui aplikasi MyPertamina, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitas Anda terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar. Pendaftaran akan dibuka per 1 Juli 2022.

Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya, akan mendapat notifikasi melalui email yang didaftarkan. Anda sebagai pengguna terdaftar akan memperoleh QR code khusus yang menunjukkan data telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

Jika data sudah cocok, maka Anda dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital. Dengan begitu, melalui MyPertamina, PT Pertamina (Persero) dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar. Hal inilah yang menjadi acuan dalam membuat program terkait subsidi energi sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi tersebut.

Melalui aplikasi MyPertamina, Anda dapat membeli BBM jenis Pertalite dan solar secara cashless. Anda tak perlu khawatir, pembayaran tak harus pakai aplikasi MyPertamina, Anda bisa menggunakan kartu dan cash seperti biasa. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membeli Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina.

Cara Beli Pertalite dan Solar Pakai Aplikasi MyPertamina

  1. Unduh aplikasi MyPertamina melalui Google Playstore atau AppStore.
  2. Masukkan data lengkap Anda seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir dan 6 digit PIN.
  3. Setelah itu, akan dikirim kode OTP ke nomor telepon yang Anda daftarkan.
  4. Masukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS untuk verifikasi.
  5. Klik Ok, maka Anda sudah terdaftar di aplikasi MyPertamina.
  6. Login akun ulang dengan memasukkan nomor telepon dan PIN yang Anda buat sebelumnya.
  7. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan data kendaraan dari nomor polisi, merek dan profil konsumen. Klik Akun, lalu pilih Tambah Data Kendaraan.
  8. Anda dapat melengkapi profil dengan memasukkan identitas berupa nomor KTP, email dan alamat Anda.
  9. Anda juga bisa menghubungkan metode pembayaran melalui ikon Akun. Metode pembayaran yang ditawarkan dengan cashless melalui palikasi LinkAja dan debit kartu.
Aplikasi MyPertamina. (Sumber Gambar: Tangkapan layar Aplikasi MyPertamina/Lingkarjateng.id)

Namun, jika Anda tak memiliki aplikasi MyPertamina, Anda tak perlu khawatir. Anda tetap bisa membeli Pertalite dan Solar tanpa menggunakan aplikasi. Dilansir dari laman https://subsiditepat.mypertamina.id, berikut langkah-langkahnya.

Cara Beli Pertalite dan Solar Tanpa Aplikasi MyPertamina

  1. Anda dapat menyiapkan dokumen dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), STNK, foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya.
  2. Bukalah situs subsiditepat.mypertamina.id
  3. Klik Daftar Sekarang.
  4. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah Anda daftarkan.
  5. Jika sudah dikonfirmasi, unduh kode QR dan simpan untuk melakukan transaksi di SPBU. Mudah, bukan?
Tampilan situs subsiditepat.mypertamina.id (Sumber Gambar: Tangkapan layar situs subsiditepat.mypertamina.id/Lingkarjateng.id)

Demikianlah cara membeli BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi dan tanpa aplikasi MyPertamina. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version