Inilah 3 Pesan Moral yang Bisa Dipelajari dari Drama Today’s Webtoon

POTRET: Poster TV series Today’s Webtoon. (Dok. Imdb.com/Lingkarjateng.id)

POTRET: Poster TV series Today’s Webtoon. (Dok. Imdb.com/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Drama Korea Today’s Webtoon yang baru saja mengakhiri masa tayangnya pada 17 September 2022 bisa jadi rekomendasi yang tepat bagi para pecinta webtoon. Pasalnya drama ini bisa mengobati rasa penasaran pembaca tentang hiruk pikuk pekerja dibalik layar hingga serial webtoon tersaji.

Selain menceritakan bagaimana proses pembuatan webtoon, drama Today’s Webtoon juga memiliki banyak pesan moral yang bisa dipetik dan diaplikasikan dalam hidup khususnya yang sudah menjalani dunia kerja atau yang akan memasuki dunia kerja.

Di bawah ini Lingkarjateng.id merangkum pesan moral yang bisa membantu mengenal dunia kerja.

Mengenal potensi diri

Tantangan bagi para fresh graduate yang akan menginjak dunia kerja adalah mengenali minat bidang yang dikuasai. Bahkan bagi yang sudah masuk ke dunia kerja sekalipun, sebagian dari mereka pernah merasakan salah tempat. Bidang yan sedang ditekuni bukan sesuatu yang diinginkan. Tuntutan keluarga mungkin menjadi salah satu alasan kenapa sebagian pekerja merasa tersesat.

Komik menjadi salah satu kesenangan Ma Eum semasa rehat dari judo. Hingga akhirnya ia mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan penerbitan webtoon. Background sebagai atlet memang bertolak belakang dengan posisi pekerjaan yang dijalani. Namun, Ma eum tetap bekerja keras membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi produser sekaligus editor yang baik.

Dari sini kita bisa belajar bahwa mengenali diri sendiri bisa membantu menemukan minat dan keinginan. Sekeras apapun lingkungan kita berada, minat dan keinginan yang kuat bisa membawamu melalui segala prosesnya.  Selain itu mengenali potensi diri dan punya kemauan belajar sangat penting dimiliki setiap individu agar menjadi pribadi yang produktif.

Pentingnya kerja tim

Bekerja di layanan webtoon, kerjasama antar tim dengan seniman menjadi kunci kesuksesan suatu proyek. Bagaimana seorang produser webtoon bisa mendukung dan memastikan seniman memenuhi tenggat waktu, memecahkan masalah ketika seniman mengalami author block, atau ketika tim layanan webtoon ditantang untuk memberikan hasil terbaik dari hasil webtoon yang dibuat.

Dari sini kita mempelajari bahwa dunia kerja bukan lagi tempat untuk bersikap egois. Kerja tim sangat diperlukan demi kelancaran sebuah proyek yang menjadi tanggung jawab bersama. Sebagai tim, seorang oekerja tidak bisa lepas tangan meskipun permasalahan yang dihadapi bukan bagian dari tanggung jawabnya. Sebab satu permasalahan akan segera menemukan solusi jika dirembug bersama.

Tidak mudah putus asa

Sebagai karyawan baru yang lolos ujian dengan catatan gemilang di perusahaan ternama pastinya menjadi kebanggan tersendiri. Namun nasib yan dialami Goo Jun Yeong harus terjun bebas ketika ia dipindahkan ke tim layanan webtoon yang nasibnya di ujung tanduk. Bahkan, ia merencanakan pindah departemen hingga melamar ke perusahaan lain yang dinilainya dapat memberikan bonafide sebagaimana kemampuannya.

Dari karakter Goo Jun Yeong, kita bisa belajar bahwa apa yang kita inginkan belum tentu menjadi hal kita butuhkan. Namun, menyerah begitu saja dengan keadaan tidak akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Sebab menyerah sebelum berjuang sama saja menyia-nyiakan kesempatan. Di tempat baru yang bukan menjadi keahlian kita bisa menjadi ruang untuk mempelajari hal-hal baru. Nah, tiga pesan moral dari drama Today’s Webtoon di atas bisa jadi pengingat bagi diri kita ketika memasuki dunia kerja. (Lingkar Network | Ulfa – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version