Ini Tanggal dan Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban

ILUSTRASI: Seseorang yang sedang membaca Al-Quran. (Ibrahim Mucahit Yildiz from Pixabay/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Bulan Maret 2022 ini, umat muslim telah memasuki bulan Sya’ban 1443 H. Namun, belum masuk nisfu sya’ban. Malam nisfu Sya’ban akan jatuh pada tanggal 15 Sya’ban atau bertepatan dengan tanggal 18 Maret 2022 dalam kalender Masehi.

Nisfu berasal dari bahasa Arab yang artinya “tengah”. Sedangkan, Sya’ban adalah nama bulan dalam kalender Hijriah sebelum Ramadan.

Malam Nisfu Sya’ban sangat istimewa bagi umat Islam. Sehingga, para Ulama menyebut malam ini setara dengan malam lailatul qadar. Menurut Sebagian Ulama, malam nisfu Sya’ban merupakan waktu yang dimaksud dalam Surat Ad-Dukhan ayat 3 dan 4, yang artinya:

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad-Dukhan: 3-4).

Malam nisfu Sya’ban mempunyai beberapa keistimewaan yaitu sebagai berikut:

1. Malam Penghapus Dosa

Malam nisfu Sya’ban dinamakan Lailah At-Takfir karena Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa manusia selama satu tahun.

2. Malam Dikabulkan Doa

Malam nisfu Sya’ban merupakan malam dikabulkannya doa-doa, sesuai dalam hadist Ibnu Abbas, yang artinya “Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, Malam Jumat, Malam Pertama dari bulan Rajab, Malam Nisfu Sya’ban, Malam Lailatul Qadar, Malam hari raya Idul Adha dan Idul Fitri.”

3. Malam yang Penuh Berkah

Keistimewaan selanjutnya yaitu sebagai malam yang penuh berkah. Dilansir dari buku Menggapai Berkah di Bulan-bulan Hijriah karya Siti Zumratus Sa’adah, ada yang mengatakan di malam nisfu Sya’ban terdapat kedekatan malaikat dengan manusia.

4. Malam Pengampunan

Malam nisfu Syaban mempunyai keistimewaan sebagai malam yang penuh pengampunan. Sesuai dengan hadist berikut, dari Abu Musa Al-Asy’ari dari Rasulullah SAW beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah melihat waktu malam pertengahan Sya’ban, maka (Allah) mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang bersengketa,” (HR. Ibnu Majah).

Itulah beberapa keistimewaan dari malam nisfu Sya’ban. Sebaiknya, kita memperbanyak amalan-amalan pada malam ini, agar kita memperoleh keberkahan dari malam nisfu Sya’ban. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version