Daftar Bisnis Pertashop Pertamina, Ini Syarat dan Modal yang Dibutuhkan

Pertashop Pertamina. (Sumber: Google.com/Lingkarjateng.id)

Pertashop Pertamina. (Sumber: Google.com/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Pertamina Shop (Pertashop) Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) merupakan penyalur resmi berskala kecil yang melayani Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG (non subsidi) dan produk ritel Pertamina yang lain.

Maraknya bisnis yang berkembang di masyarakat, Pertamina pun tak kalah saing dengan membuka bisnis Pertashop yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di wilayah yang lokasinya jauh dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) atau biasa dikenal dengan pom bensin.

Pertashop adalah bagian dari Program One Village One Outlet (OVOO) dengan menyasar seluruh desa dengan minimal satu outlet BBM dan LPG. Bisnis Pertashop sendiri, sangat menjanjikan. Dari kerja sama yang menguntungkan, modal usaha yang kecil, jaminan ketersediaan, takaran hingga kualitas BBM.

Untuk harga BBM yang dijual pun sama dengan yang di SPBU Pertamina Reguler. Anda tak usah khawatir jika pasokan BBM habis. Pihak Pertamina secara rutin memasok melalui truk-truk tangki Pertamina dengan cepat.

DPRD Pati Tanggapi Aduan Sopir Truk Kontainer

Jika Anda ingin menjadi mitra Pertashop Pertamina, usahakan untuk memilih lokasi yang berada di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel milik Pertamina. Lahan yang digunakan pun tak terlalu luas. Perizinan usahanya juga sederhana.

Pihak Pertamina memiliki ketentuan luas minimum dan kapasitas tangki yang sudah diatur. Untuk Pertashop Gold, luas minimum yang digunakan yakni kurang dari 210 meter persegi atau 15 meter x 14 meter. Untuk tangkinya sendiri memiliki kapasitas 3 KL upper ground dengan omzet rekomendasi 400 liter per hari. Produk yang dijual antara lain Pertamax, Dexlite, LPG non-subsidi dan pelumas.

Jika Anda menjual BBM sebanyak 450-600 liter per hari, maka Anda harus memesan BBM dengan rata-rata 14 kiloliter per bulan. Dengan begitu, omzet yang diperoleh lebih dari Rp 150.000.000 per bulan.

Untuk syarat menjadi mitra Pertashop antara lain memiliki legalitas usaha berbentuk badan usaha atau badan hukum (CV, koperasi, PT), memiliki kelengkapan dokumen legalitas (KTP, NPWP, akta perusahaan), memiliki atau menguasai lahan pengoperasian Pertashop, mendapatkan surat rekomendasi dari kepala desa setempat dan memiliki modal sesuai dengan tipe Pertashop.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Syarat dan Cara Membuat Kartu Identitas Anak

Kriteria lokasi yang digunakan Pertashop yakni aksesibilitas desa, ketersediaan jaringan listrik, lokasi yang dibangun memiliki potensi omzet yang baik dan evaluasi kelayakan lokasi oleh PT Pertamina.

Adapun dukungan yang akan diberikan Pertamina kepada mitra bisnis Pertashop diantaranya perangkat Pertashop (totem, tangki, dispenser dan instalasi), pelatihan petugas operator Pertashop, calon operator Pertashop, pelatihan operator melalui online, SOP untuk mengoperasikan Pertashop dan skema permodalan bisnis Pertashop.

Terdapat skema yang sesuai dengan budget Anda untuk menjadi mitra Pertashop. Untuk Skema Gold, modal yang dibutuhkan Rp 250.000.000 dengan modal pembelian produk (Pertamax) sebesar Rp 20.000.000. Jika Skema Platinum, modal Pertashop yang dibutuhkan Rp 400.000.000 dengan modal pembelian produk Pertamax Rp 70.000.000. Lain hal dengan Skema Diamond, modal yang dibutuhkan Rp 500.000.000 dengan modal pembelian produk Pertamax sebesar Rp 70.000.000.

Jika Anda sudah memahami persyaratan dan skema bisnis Pertashop, Anda dapat tertarik melakukan pendaftaran. Cara untuk mendaftar secara online dapat mengunjungi laman resmi milik Pertamina dan klik ‘Daftar Sekarang’. Semoga informasi ini membantu Anda yang ingin membuka bisnis Pertashop Pertamina. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version