Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ini Fakta Menarik Vitamin C

ILUSTRASI: Buah jeruk, salah satu sumber vitamin C. (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Buah jeruk, salah satu sumber vitamin C. (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Vitamin C dikenal menjadi salah satu vitamin yang mampu menjaga sistem pertahanan tubuh atau imun. Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu tubuh terlindungi dari serangan penyakit.

Meski demikian, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Arti Indira, mengatakan bahwa orang dewasa yang sehat hanya perlu mengonsumsi vitamin C secukupnya. Pasalnya, konsumsi vitamin C secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping untuk tubuh.

Kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa adalah 75 hingga 90 miligram. Konsumsi vitamin C boleh diperbanyak dosisnya ketika tubuh sedang tidak bugar, tubuh terlalu lelah, atau tubuh sedang terinfeksi virus.

Vitamin C dosis tinggi diperbolehkan asal tidak melebihi perhitungan dari 1,5 gram vitamin C per kilo gram berat badan individu.

“Vitamin C berlebihan membuat diare dan memperberat kerja ginjal yang bisa menjadi batu ginjal,” jelas dr. Indira.

Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

Vitamin C mempunyai peranan penting dalam menjaga kondisi tubuh, seperti melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, merupakan salah satu komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh, serta berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang.

Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga menjelaskan bahwa ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak.

Suplemen dibutuhkan bila kebutuhan vitamin C dari makanan sehari-hari tidak terpenuhi, yakni minimal dua mangkuk sayur per hari dan dua porsi buah masing-masing 100 gram.

Jika asupan sayur dan buah kurang dari itu, tambahkan vitamin C dari suplemen agar individu tidak mudah lelah. Overdosis dari vitamin C dosis tinggi jarang terjadi karena sifatnya yang larut pada air. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version