Berisi Pesan Moral, Ini 5 Rekomendasi Film Kartun Edukasi

Berisi Pesan Moral, Ini 5 Rekomendasi Film Kartun Edukasi

TAYANG: The Good Dinosaur, salah satu rekomendasi film kartun edukasi. (Tangkapan layar YouTube Pixar/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Film kartun kerap kali menjadi tontonan favorit anak-anak karena tampilannya yang didesain semenarik mungkin. Film kartun juga punya genre dan alur cerita yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu memilih film kartun edukasi agar anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan dan tidak hanya sebatas hiburan saja.

Terkadang film juga dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran. Melalui film, anak bisa melihat tampilan yang menarik dan juga belajar mengambil pesan moral dari film tersebut. Lalu, film kartun edukasi apa saja yang boleh ditonton oleh anak-anak?.

1. NUSSA The Movie

Rekomendasi film kartun edukasi yang pertama adalah NUSSA The Movie. Film ini berisi beragam selipan ajaran agama Islam, sehingga sangat cocok untuk ditonton anak-anak karena sangat mengedukasi. Film ini memiliki tema keluarga yang mengangkat cerita kakak beradik Nussa dan Rara.

Diceritakan, seorang anak bernama Nussa yang ingin memenangkan lomba sains. Tapi dirinya harus berhadapan dengan Joni, yaitu rival yang dinilai lebih unggul darinya. Beberapa pesan moral dari film NUSSA diantaranya:

2. Coco

Rekomendasi film kartun edukasi kedua adalah Coco. Coco mengisahkan seorang anak laki-laki bernama Miguel yang mencintai musik. Namun, Miguel justru tumbuh di keluarga yang membenci musik. Miguel pun berjuang untuk mempertahankan mimpinya hingga berpetualang ke dunia orang yang telah meninggal.

Film Coco bukan hanya sekedar film yang menghibur untuk anak-anak. Namun film Coco memberikan beberapa pesan moral untuk anak-anak seperti:

3. Kung Fu Panda

Rekomendasi film kartun edukasi ketiga adalah Kung Fu Panda. Film ini mengisahkan Po, seekor panda pemalas yang mempunyai ayah seekor angsa. Penonton akan disajikan perjalanan seru dengan aksi yang mengundang tawa. Banyak juga percakapan konyol tapi pintar yang dikemas menggemaskan.

Film Kung Fu Panda juga direkomendasikan untuk ditonton anak-anak. Dengan menonton film ini, orang tua dapat memberikan pembelajaran mengenai mimpi dan cita-cita yang harus terus dikejar. Tetap berusaha tanpa menghiraukan anggapan orang lain, karena keberhasilan ada di tangan diri sendiri. Beberapa ucapan-ucapan tokoh dalam film yang mengandung penyemangat diantaranya:

4. Up

Rekomendasi film kartun edukasi keempat adalah Up. Film ini mengisahkan tentang petualangan menuju Paradise Falls seorang kakek tua bernama Carl bersama anak kecil bernama Russel.

Awal petualangan dimulai saat Carl memutuskan untuk mengangkat rumahnya dengan bantuan ribuan balon. Film Up ini akan mengajarkan beberapa kebaikan seperti:

5. The Good Dinosaur

Rekomendasi film kartun edukasi yang kelima adalah The Good Dinosaur. Film ini menceritakan persahabatan antara anak kecil dengan seekor dinosaurus berjenis Apatosaurus yang bernama Arlo.

Arlo ini harus menempuh perjalanan panjang yang mengharuskan dirinya lebih berani. Namun, Arlo tidak sendiri dalam menempuh perjalanan karena ada anak manusia yang ikut membantu. Pesan moral yang disampaikan pada film The Good Dinosaur yaitu

Itulah beberapa rekomendasi film kartun edukasi yang cocok ditonton untuk anak-anak. Sehingga tidak hanya menjadi sarana penghibur, namun anak-anak juga bisa belajar hal baru. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version