Bahaya, Ini 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Sukses di Usia Muda

Bahaya, Ini 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Sukses di Usia Muda

ILUSTRASI: Seseorang yang suka menunda pekerjaan, salah satu kebiasaan buruk penyebab gagal sukses di usia muda. (wayhomestudio from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Banyak orang yang mengatakan bahwa apa yang kita lakukan saat ini akan mempengaruhi masa depan kita nanti. Setiap orang memiliki waktu 24 jam setiap harinya, meskipun begitu, nasib seseorang tentu berbeda-beda terlebih soal kesuksesan.

Berbicara mengenai kesuksesan, perjalanan seseorang pun berbeda-beda untuk menggapai kesuksesan tersebut, tentunya bukan hal instan yang mudah digapai jika kamu masih tetap mager (males gerak).

Untuk meraih kesuksesan pun tidak cukup hanya modal ambisi saja. Tapi kamu pun juga tidak perlu terus menerus mengeluhkan keadaanmu bahkan menyalahkan orang lain sebagai penghambat kesuksesanmu.

Cek Diri Kamu, 7 Hal Ini Harus Dihindari Agar Sukses di Usia Muda

Dari pada kamu menyalahkan orang lain, alangkah lebih baik kamu mengevaluasi dirimu sendiri agar kamu tidak dianggap orang yang egois karena menyalahkan orang lain.

Jika kamu introspeksi, sebenarnya ada banyak penyebab gagal sukses di usia muda, lho. Misalkan saja kebiasaan buruk yang biasa kamu lakukan. Oleh karena itu, cek yuk, kebiasaan-kebiasaan buruk yang jadi penyebab gagal sukses di usia muda untuk kamu hindari. Apa saja?

1. Berusaha tapi tak pernah berdoa

Kebiasaan buruk penyebab gagal sukses yang pertama adalah berusaha tapi tidak pernah berdoa. Jika kamu sudah berusaha ke sana ke sini mati-matian mengejar impian kamu namun kamu tetap saja gagal, cobalah untuk berdoa.

Dengan berdoa kamu pasti akan diberikan ketenangan oleh Allah SWT. Dengan begitu, kamu harus menguatkan iman, dan percaya rencana Tuhan. Bisa saja jalan yang kamu tempuh untuk menuju kesuksesan bukan jalan yang diridhoi oleh-Nya. Sehingga, kamu harus meyakini akan terbuka peluang baru dan jalan baru yang lebih istimewa dari jalan yang kamu tempuh sebelumnya.

2. Menyepelekan sesuatu

Kebiasaan buruk penyebab gagal sukses yang kedua adalah suka menyepelekan sesuatu. Jika kamu suka menyepelekan sesuatu, lebih baik kamu buang jauh-jauh kebiasaan buruk ini. Kita tidak pernah tahu ke depannya bagaimana. Bisa saja, hal kecil yang kamu sepelekan justru punya pengaruh besar terhadap kesuksesan dirimu.

3. Suka menunda pekerjaan

Kebiasaan buruk penyebab gagal sukses yang ketiga adalah suka menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan hanya akan membuat kamu bermalas-malasan. Waktu yang seharusnya kamu manfaatkan dengan maksimal, justru terbuang sia-sia.

Menunda pekerjaan sama halnya dengan menunda kesuksesan. Hal ini karena sesuatu yang bisa kamu raih dalam waktu dekat justru akan membutuhkan waktu yang lama.

4. Minder duluan

Kebiasaan buruk penyebab gagal sukses yang keempat adalah minder duluan. Sebenarnya hal yang wajar jika seseorang mempunyai rasa minder. Namun, bukan berarti kamu harus terus menerus minder. Jika rasa mindermu berlebihan, bisa saja kamu menyerah sebelum melangkah. Jadi, jangan sampai kamu minder, ya. Percayalah semuanya akan baik-baik saja dan kejar terus suksesmu.

5. Susah Move On

Kebiasaan buruk penyebab gagal sukses yang kelima adalah susah move on. Masa lalu memang tidak bisa diubah, namun tentu bisa diambil pelajarannya. Jika kamu di masa lalu pernah mengalami kegagalan, sebaiknya kamu jangan terus menerus memikirkan masa lalumu atau mengingat-ingatnya.

Banyak hal yang bisa kamu pelajari. Misal, jangan kamu ulangi lagi hal-hal yang menyebabkan kamu gagal di masa lalu. Susah move on hanya akan membuatmu kehilangan semangat untuk bangkit dari kegagalan.

Itulah beberapa kebiasaan buruk penyebab gagal sukses di usia muda. Oleh karena itu, belajarlah untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, kamu kamu selalu semangat dan menemukan energi baru untuk meraih kesuksesan. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)