Bahaya! 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Bahaya! 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

ILUSTRASI: Makanan yang mempercepat proses penuaan. (Wayhomestudio from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia saja. Namun, makanan juga mempunyai pengaruh besar untuk kesehatan kulitmu.

Menurut dokter sekaligus asisten profesor di Fakultas Kedokteran Tulane University, Timothy Harlan mengungkapkan, makanan berkualitas rendah seperti lemak trans menyebabkan peradangan. Dan penuaan pada dasarnya adalah kondisi peradangan kronis.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari jika tidak ingin terlihat lebih cepat tua, yaitu:

Minuman ini bisa membantu kamu mencegah penuaan dini

7 Minuman Ajaib yang Bantu Cegah Penuaan Dini

1. Daging olahan

Sumber: Timolina from Freepik

Daging olahan seperti sosis dan bacon ternyata berbahaya bagi kulitmu, karena daging olahan mengandung tinggi natrium, lemak jenuh, dan sulfit. Senyawa tersebut bisa membuat kulit dehidrasi dan melemahkan kolagen.

2. Makanan manis

Sumber: Wirestock from Freepik

Ketika mengonsumsi gula yang berlebih, molekul gula yang berlebih akan mengikat protein dan memicu proses yang berpengaruh buruk pada kolagen. Kolagen merupakan protein yang menjaga kulit tetap elastis dan awet muda.

3. Kentang goreng

Sumber: Jcomp from Freepik

Bagi kamu yang menyukai makanan cepat saji, mungkin kentang goreng menjadi menu favoritmu. Ternyata, kentang goreng yang dimasak dengan minyak bersuhu tinggi itu melepaskan radikal bebas yang bisa membuat kerusakan sel pada kulitmu. Paparan radikal bebas inilah yang mempercepat proses penuaan karena mempengaruhi molekul DNA dan melemahkan elastisitas kulit.

4. Makanan yang dibakar

Sumber: Racool_studio from Freepik

Makanan yang dibakar itu mengandung hidrokarbon yang dapat menyebabkan peradangan dan merusak kolagen kulit. Sebaiknya, kamu potong atau hilangkan bagian makanan yang hangus sebelum menyantapnya.

5. Daging merah

Sumber: Mdjaff from Freepik

Apakah kamu suka makan daging merah seperti daging sapi dan daging kambing? Mulai sekarang sebaiknya kamu membatasi makan daging merah, karena daging merah termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh, sulfit, dan tinggi garam. Kandungan ini bisa membuat kulitmu dehidrasi dan menyebabkan peradangan yang merusak kolagen. Akibatnya, kulitmu jadi kusam, kendur, dan kering.

6. Roti putih

Sumber: Jcomp from Freepik

Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih bisa menyebabkan peradangan yang berkaitan dengan proses penuaan. Jika kamu tetap ingin makan roti, sebaiknya kamu pilih roti gandum yang tidak mengandung gula tambahan.

7. Margarin

Sumber: ds_30 from Pixabay

Kini banyak sekali produk margarin di pasaran yang telah menghilangkan lemak trans. Namun, tetap saja masih ada beberapa produk margarin yang mengandung lemak trans. Dampak dari lemak trans ini bisa menyebabkan peradangan yang terkait dengan penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan penuaan degeneratif seperti penyakit jantung dan Alzheimer.

Makanan ini bisa membantu kamu mencegah penuaan dini

5 Makanan Ajaib yang Bisa Tunda Penuaan Kulit pada Wajah

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari karena bisa mempercepat proses penuaan pada kulit. Mulailah membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat agar kulitmu juga terawat, awet muda, dan tentunya juga sehat. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version