Amalan-Amalan 10 Muharram yang Dianjurkan dalam Islam

Amalan-Amalan 10 Muharram yang Dianjurkan dalam Islam

ILUSTRASI: Bulan Muharram, Tahun Baru Islam. (freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Tanggal 10 Muharram menjadi salah satu hari mulia bagi umat Islam. Tanggal 10 Muharram juga bisa menjadi momentum kita untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Tanggal 10 Muharram merupakan salah satu hari yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Terdapat beberapa amalan-amalan 10 Muharram yang apabila jika kamu lakukan maka, Allah SWT akan membukakan pintu karunia dan melimpahkan rezekinya.

Dilansir dari laman NU Online, penghitungan 10 Muharram berdasarkan pada jatuhnya tanggal 1 Muharram 1444 H, yaitu pada 30 Juli 2022 sehingga diketahui bahwa 10 Muharram jatuh pada tanggal 8 Agustus 2022.

Lalu, apa saja amalan-amalan 10 Muharram yang dianjurkan dalam Islam?.

1. Sedekah

Amalan-amalan 10 Muharram yang bisa kamu lakukan adalah sedekah. Berbeda dengan sedekah pada biasanya, akan lebih baik jika memberikan sesuatu langsung kepada siapapun yang meminta.

Contohnya begini, ketika kamu melihat kotak amal di masjid yang jumlahnya mungkin lebih dari satu, sebaiknya kita bersedekah untuk semua kotak amal yang tersedia. Jangan lupa, niat dengan hati yang bersih bahwa tujuanmu hanya mencari pahala-Nya, bukan untuk mencari pujian manusia.

2. Puasa Tasu’a dan Asyura

Amalan-amalan 10 Muharram yang kedua adalah Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura. Puasa Tasu’a bisa kita kerjakan pada tanggal 9 Muharram sedangkan Puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram.

Dalam hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya: “Dari Abu Hurairoh ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.” (HR. Muslim no. 1162)

3. Sholat Tasbih

Amalan-amalan 10 Muharram yang ketiga adalah Sholat Tasbih. Sholat Tasbih disunnahkan untuk dilakukan berdasarkan hadist riwayat Sayyidina Abbas RA. Hal ini karena Sholat Tasbih cukup penting karena mengandung keutamaan khusus.

Menghidupkan malam Asyura dengan sholat sunnah sama dengan ibadahnya makhluk yang ada di langit dan Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya selama 50 tahun saat kamu melaksanakan Sholat Sunnah pada malam tersebut.

4. Membaca Doa Asyura

Amalan-amalan 10 Muharram yang keempat adalah membaca doa asyura. Pada kitab I’anatu al-Tholibin disebutkan bahwa Imam Al-Ajhuri menyampaikan, siapa saja yang membaca doa di malam Asyura, maka Allah SWT akan memberikan perlindungan kepadanya dari segala hal buruk dan musibah selama tahun tersebut. Alangkah lebih baik jika membaca doa dilakukan setelah sholat Maghrib.

5. Baca Sholawat Nabi

Membaca sholawat nabi juga menjadi salah satu amalan-amalan 10 Muharram yang bisa kita kerjakan. Kita bisa membaca sholawat nabi setelah menunaikan sholat fardhu, sebelum, dan sesudah berdoa serta di waktu-waktu mustajab lainnya.

Setelah kita mengetahui amalan-amalan sunnah 10 Muharram dan tanggal dalam kalender masehi, alangkah baiknya kita tidak meninggalkan hari tersebut. Semoga kita diberi kemudahan dan kenikmatan dalam menjalankan amalan-amalan sunnah di tanggal 10 Muharram. Jangan lupa, niatkan ibadah hanya kepada Allah SWT dan bukan untuk mendapat pujian dari manusia. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version