9 Langkah Perawatan Kulit agar Tetap Sehat saat Pancaroba

ILUSTRASI: Seorang wanita melakukan perawatan kulit menggunakan produk moisturizer. (Freepik @artursafronovvvv/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seorang wanita melakukan perawatan kulit menggunakan produk moisturizer. (Freepik @artursafronovvvv/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Saat pancaroba tiba, tidak hanya kondisi fisik yang rentan mengalami gangguan kesehatan tetapi kesehatan kulit pun bisa terdampak. Pasalnya, perubahan cuaca dapat mengakibatkan udara menjadi lebih kering, lebih dingin, dan jauh lebih lembap. Hal inilah yang kemudian menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat, kulit kering, maupun noda membandel pada kulit terutama wajah sehingga dibutuhkan perawatan kulit yang ekstra.

Membersihkan wajah secara rutin pun tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit. Perawatan ekstra juga dibutuhkan agar kulit tetap sehat. Berikut ini langkah-langkah perawatan kulit agar tetap sehat dan tampak berkilau meski perubahan cuaca selalu tak menentu.

Cuci muka di pagi hari

Salah satu perawatan kulit yang paling utama dan tidak boleh ditinggalkan adalah mencuci muka. Mencuci muka merupakan langkah dasar membersihkan kulit wajah. Dengan mencuci muka, tidak hanya membersihkan kotoran tetapi juga membuat kulit tampak segar dan memberikan semangat dalam melakukan aktivitas.

Gunakanlah cleanser atau pembersih yang tepat sesuai dengan kebutuhan jenis kulit. Jika mempunyai kulit yang sensitif gunakanlah gentle cleanser, yaitu pembersih yang tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan iritasi seperti SLS (Sodium Lauryl Sulfate), alkohol, atau pewangi.

Gunakan toner wajah

Produk perawatan kulit yang beredar saat sangat bermacam-macam, salah satunya toner wajah. Produk perawatan kulit satu ini berfungsi mempertahankan pH kulit, membersihkan sumbatan pada pori sehingga pori tidak tertutup, mengangkat sel-sel kulit mati, serta mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

Menutrisi kulit

Tidak hanya tubuh, kulit juga membutuhkan nutrisi agar tetap sehat. Salah satunya dengan menggunakan serum. Mengaplikasikan serum pada kulit wajah bisa menjadi salah satu tahapan perawatan kulit yang diperlukan. Namun sekali lagi, pilihlah serum dengan kandungan bahan-bahan yang sesuai dengan kondisi kulit agar nutrisi yang terserap dengan baik dan memberikan efek yang positif.

Gunakan serum antipenuaan dini

Masalah kulit wajah yang kerap dikhawatirkan adalah ketika muncul tanda-tanda penuaan dini seperti keriput. Nah, untuk menjaga kulit wajah agar tetap lembut menggunakan serum antiaging atau anti penuaan dini bisa jadi solusi untuk perawatan kulit agar tampak segar.

Serum antiaging akan membantu menjaga kulit wajah tetap terhidrasi sehingga mencegah timbulnya kerutan pada wajah. Kandungan bakuchiol bisa jadi pilihan tepat karena merupakan alternatif retinol.

Produk perawatan kulit dengan bahan bakuchiol diformulasikan mudah menyerap pada kulit untuk mengatasi penuaan, memperbaiki lapisan kulit terluar, mencerahkan dan meningkatkan produksi kolagen.

Lindungi permukaan kulit dari jerawat

Tiba di permasalahan sejuta umat, jerawat. Mengatasi jerawat memang gampang-gampang susah. Oleh karenanya, harus diatasi dengan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide, zinc dan allantoin yang diformulasikan secara khusus untuk merawat kulit kusam, pigmentasi dan juga pengendalian jerawat.⁣

Jaga otot wajah agar tidak tegang

Pijatan lembut akan membantu otot wajah agar tidak tegang. Memijat wajah akan membuat otot lebih nyaman dan rileks karena membuat peredaran darah lebih lancar sekaligus bisa meredakan penampilan puffy sehigga wajah terlihat lebih segar.

Selain memijat dengan tangan, face roller bisa dimanfaatkan untuk membantu menenangkan kulit. Terlebih, face roller juga bermanfaat meredakan inflamasi sehingga membantu meredakan kulit yang tampak kemerahan, agak bengkak, dan terasa panas.

Jaga kelembaban kulit

Perawatan kulit selanjutnya adalah menjaga kondisi kulit tetap lembap. Perlu diketahui kelembapan kulit tidak hanya berlaku bagi pemilik kulit kering saja, tipe kulit berminyak pun tetap memerlukan kelembapan.

Kulit kering membuat wajah terlihat kusam sehingga memerlukan kelembapan ekstra, salah satunya dengan menggunakan produk pelembap yang mengandung mugwort tripeptide, hyaluronic, ceramide, dan niacinamide.

Sedangkan untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan pelembap yang mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) atau turunannya seperti asam laktat yang tidak menyumbat pori-pori. Kandungan AHA daapat membantu kulit untuk menyerap dan mempertahankan air tanpa memberi minyak tambahan.

Lindungi kulit dengan tabir surya

Tabir surya merupakan langkah penutup perawatan kulit yang tidak boleh terlupakan, sekalipun hanya beraktivitas di dalam ruangan. Menggunakan tabir surya atau sunscreen bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menghindari kulit dari terbakar.

Penggunaan tabir surya di pagi hari sebelum memulai aktivitas sangat membantu agar kulit tetap sehat dan terhindar dari efek kulit terbakar serta mengurangi paparan UV.

Tidur yang cukup

Produk-produk perawatan kulit memang akan membantu menjaga kesehatan kulit, akan tetapi kebiasaan begadang bisa membuat rutinitas skincare tidak bisa terserap dengan baik. Oleh sebab itu tidur yang cukup menjadi salah satu perawatan kulit yang lebih efektif.

Saat tidur kulit dapat lebih fokus untuk beregenerasi dan memperbaiki sel-selnya. Selain itu, saat tidur tubuh juga mengeluarkan kolagen dan hormon melatonin. Hormon ini berperan dalam mengatur waktu tidur. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version