7 Tips Aman dan Sehat Berpuasa bagi Pasien Covid-19

ILUSTRASI: Penderita virus Covid-19. (Sumber Gambar: Freepik @freepik)

ILUSTRASI: Penderita virus Covid-19. (Sumber Gambar: Freepik @freepik)

Lingkarjateng.idSama seperti tahun lalu, masyarakat muslim di seluruh dunia masih menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Keadaan ini membuat sejumlah masyarakat yang terinfeksi virus Covid-19 harus lebih ekstra memperhatikan keadaannya. Jika Anda pasien Covid-19 dan ingin tetap prima saat berpuasa, yuk intip di bawah ini.

Dikutip dari website Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Anda sebagai pasien yang terinfeksi virus Covid-19 harus observasi terlebih dahulu. Kalau kondisi Anda tanpa gejala/Orang Tanpa Gejala (OTG), berpuasalah. Namun, jika suhu tubuh Anda naik, misalnya 37,5 derajat Celcius, membatalkan puasa atau tidak berpuasa diperbolehkan, tak perlu untuk memaksakan diri.

Senada diungkapkan oleh dokter dari RS Burjeel Abu Dhabi Faisal Dalfi dalam Gulf News, pasien Covid-19 dengan gejala ringan masih dianjurkan untuk berpuasa kecuali pasien Covid-19 bergejala berat.

Tips Atasi Bibir Kering saat Berpuasa

Anda Wajib Tahu, Inilah 5 Tips Ampuh Atasi Bibir Kering saat Puasa

Lanjut dr. Ari Fahrial Syam selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dilansir dari health.detik.com mengungkapkan tak masalah jika pasien OTG tetap berpuasa asalkan tetap mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan air putih yang cukup. Berbeda dengan pasien Covid-19 yang bergejala ringan, tidak disarankan untuk berpuasa.

Penderita virus Covid-19. (Sumber Gambar: Freepik @rawpixel.com)

Jika Anda terserang virus Covid-19 akan terjadi perlawanan pada saat terinfeksi. Tubuh Anda memerlukan asupan energi yang banyak untuk melawan penyakit tersebut. Saat itulah, dibutuhkan minum dan makanan yang rutin setiap 6 atau 8 jam.

Nah, bagi Anda yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman) namun tetap menjalankan ibadah puasa, berikut Lingkarjateng.id rangkum tips aman dan sehat berpuasa bagi pasien Covid-19 agar tetap prima.

1. Makanan Sehat

(Sumber Gambar: Freepik @master1305)

Tips menjalankan ibadah puasa bagi Anda pasien terinfeksi Covid-19 adalah asupan makanan sehat saat berbuka dan sahur. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tentu akan menjaga imun tubuh tetap kuat. Selain itu, hindarilah minum dan makanan yang mengandung gas dan gula.

Amankah Ibu Hamil Berpuasa?

Ibu Hamil Ingin Puasa, Amankah? Begini Penjelasan Dokter

2. Berhenti Merokok

Virus Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan infeksi paru-paru akut. Saat merokok, tangan Anda akan lebih sering bersentuhan dengan bibir yang memicu risiko perpindahan virus dari tangan ke mulut, apalagi jika Anda tak sering-sering mencuci tangan.

(Sumber Gambar: Freepik @freepik)

Selain itu, asap rokok baik dari rokok tembakau maupun aerosol dari rokok elektrik dapat mengurangi kekebalan tubuh melawan kuman dan virus termasuk virus Covid-19. Oleh karena itu, hentikanlah kebiasaan merokok Anda jika ingin menjalankan ibadah puasa tetap aman.

3. Tidur yang Cukup

(Sumber Gambar: Freepik @senivpetro)

Pasien dengan gejala ringan dianjurkan untuk istirahat yang cukup selama menjalankan ibadah puasa. Lakukanlah minimal tujuh jam setiap harinya karena dengan aktivitas tidur dapat merelaksasikan otot dan pikiran Anda.

4. Konsumsi Suplemen

(Sumber Gambar: Freepik @drobotdean)

Meski Anda telah makan makanan yang sehat, Anda tetap harus menjaga pertahanan dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Bagi Anda pasien Covid-19, minumlah suplemen vitamin tambahan seperti zinc (seng), vitamin C dan vitamin D. Namun, jika Anda memiliki masalah lambung, lebih baik Anda konsultasikan pada dokter untuk mengganti suplemen tambahan yang lebih aman.

Apakah Anda Kurang Semangat saat Bekerja di Bulan Ramadan?

Wajib Coba, Ini 5 Tips Agar Semangat Kerja di Bulan Ramadan

5. Perhatikan Penyakit Komorbid

(Sumber Gambar: Freepik @freepik)

Meski tanpa gejala, Anda sebagai pasien Covid-19 yang memiliki riwayat penyakit komorbid tetap harus memerhatikan kebutuhan tubuh Anda. Misalnya saja, pasien diabetes melitus, Anda perlu untuk mengontrol kadar gula yang tinggi baik saat berbuka maupun saat sahur. Lalu, untuk Anda yang memiliki hipertensi, perhatikanlah asupan garam harian Anda.

6. Rajin Olahraga

(Sumber Gambar: Freepik @our-team)

Bagi Anda pasien Covid-19 kategori ringan dan masih bisa bergerak, tetaplah berolahraga untuk membantu meningkatkan imunitas Anda. Dengan rajin berolahraga, Anda lebih jarang terserang penyakit termasuk Covid-19.

7. Konsumsi Air Putih

(Sumber Gambar: Freepik @artursafronovvvv)

Selain makan makanan yang sehat, olahraga yang cukup dan minum suplemen tambahan, hal yang tak kalah penting adalah minum air putih yang banyak. Dengan minum air putih saat berbuka dan sahur dapat memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan memelihara cairan dalam tubuh.

Demikianlah tips puasa bagi pasien Covid-19 agar tetap aman dan sehat. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)