7 Amalan Sunah Sebelum Sholat Idul Fitri

7 Amalan Sunah Sebelum Sholat Idul Fitri

ILUSTRASI: Masjid untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri. (vwalakte from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idTidak terasa bulan Ramadhan akan segera meninggalkan kita. Umat Islam akan segera bertemu dengan hari kemenangan yang tak lain adalah Hari Raya Idul Fitri.

Saat Hari Raya Idul Fitri, umat Islam akan merayakan dengan penuh kegembiraan, umat muslim juga akan melaksanakan ibadah khusus yang hanya dilaksanakan saat Lebaran yaitu Sholat Idul Fitri atau biasa disebut Sholat Id.

Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri, dan mengikuti sunah-sunah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, dengan harapan kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik meski bulan Ramadhan telah berlalu.

Manis dan Cantik, Ini 5 Ide Kue Kering Kekinian untuk Sajian Lebaran

Berikut ini ada beberapa amalan sunah yang bisa kita lakukan sebelum Sholat Idul Fitri, di antaranya:

1. Bertakbir

Amalan sunah bagi umat muslim untuk bertakbir sebelum sholat Idul Fitri merupakan pertanda perayaan Idul Fitri. Amalan sunah bertakbir Idul Fitri dimulai dari matahari tenggelam hingga dilaksanakannya takbiratul ihram imam sholat Idul Fitri. Masyru’iyahnya ada pada Al-Quran. Namun ada juga dari sunnah nabawiyah, yang artinya: “Dahulu orang-orang bertakbir di hari raya ketika mereka keluar dari rumah-rumah mereka hingga di tempat sholat, sampai imam keluar, maka mereka pun diam. Bila imam bertakbir maka mereka pun bertakbir,”.

2. Mandi

Amalan sunah ini berlaku bagi siapapun, baik laki-laki maupun perempuan. Mandi tak hanya untuk membersihkan diri, namun juga sebagai bentuk menyucikan diri ketika akan beribadah. Mandi sebelum Sholat Id dasarnya adalah atsar yang dilakukan oleh Umar ra, yang artinya: “Bahwa Abdullah Ibnu Umar Ibnu Khattab ra mandi pada hari raya fitri sebelum berangkat sholat,”. Dasar ini tidak langsung dari Rasulullah, namun dipraktikan sahabat Nabi. Namun Al-Imam An-Nawawi rahimahullah mengomentari bahwa atsar ini adalah shahih.

3. Mengenakan pakaian terbaik

Anjuran mengenakan pakaian terbaik ini tidak harus baru, tetapi pakaian yang masih nyaman. Diutamakan pakaian berwarna putih, namun bila terdapat baju berwarna selain putih yang lebih baik, maka diutamakan yang terbaik. Perihal pakaian terbaik ini sesuai hadis Nabi SAW yang artinya: “Dari Jabir ra bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki jubah yang dikenakannya pada dua hari raya dan hari Jumat,” (HR Al-Baihaqi).

4. Memakai wewangian

Amalan sunah sebelum Sholat Id selanjutnya yaitu memakai wewangian. Alasan memakai wewangian bukan hanya karena kita akan bertemu dengan keluarga, tetangga, teman dan banyak orang lain. Namun, karena anjuran Rasulullah SAW sesuai hadist yang artinya: “Nabi Muhammad SAW memerintahkan kami agar pada hari raya mengenakan pakaian terbaik, memakai wangi-wangian terbaik,” (HR. Hakim).

5 Tips Cegah Ngantuk saat Mudik Lebaran

5. Makan dan minum

Sebelum sholat Idul Fitri, sebaiknya kita makan makanan terlebih dulu. Amalan sunah ini sebagai pertanda jika puasa Ramadhan telah berakhir. Hal ini sesuai hadist Nabi SAW yang artinya: “Dari Anas bin Malik ra berkata: Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma,” (HR. Bukhari). Dalam hadist, disebutkan bahwa Rasulullah memakan kurma, namun yang dimaksud bukan wajib makan kurma. Tetapi makanan yang lain juga diperbolehkan.

6. Bertahniah

Amalan selanjutnya yaitu bertahniah atau saling mengucapkan selamat Idul Fitri. Ibnu Hajar al-‘asqalani dalam kitab “Fath Al-Bari” juz 2 nomor 446 mengatakan: “Jubair bin Nufair berkata bahwa, jika para sahabat rasulullah SAW berjumpa dengan hari id, satu sama lain saling mengucapkan: Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amal ku dan amal kalian).” Namun, kita juga boleh mengucapkan kata Minal aidin wal faizin, atau mengucapkan kata Selamat hari raya Idul Fitri.

7. Jalan kaki

Amalan sunah yang lain sebelum Sholat Id yaitu jalan kaki menuju tempat sholat Id. Amalan ini sesuai hadis yang artinya: “Sayyidina Ali berkata: Termasuk sunah Nabi adalah keluar menuju tempat sholat Id dengan berjalan,” (HR. Tirmidzi). Namun, bagi orang tua yang tidak sanggup berjalan, boleh menaiki kendaraan untuk menuju tempat Sholat Id.

Rahasia Meraih Malam Lailatul Qadar

Itulah beberapa amalan-amalan sunah yang bisa kamu lakukan sebelum Sholat Idul Fitri. Dengan melakukan amalan-amalan sunah tersebut, semoga kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dan kembali mempunyai hati yang fitri. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)